Mutiara Ramadhan: Bulan Penuh Ampunan

48
Hj Qonita Luthfiyah

Oleh: Hj Qonita Lutfiyah, SE. MM
Wasekjen DPP PPP

Berbagai keutamaan Bulan Suci Ramadan menjadikan bulan tersebut sangat dinantikan kedatangannnya oleh seluruh Insan Beriman yang ada di Indonesia, bahkan di dunia.

Diantara keutamaannya adalah, Allah SWT menjadikan Ramadan sebagai bulan pengampunan dosa, sehingga sangat tepat dimanfaatkan untuk bertaubat, memohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Sebelas bulan yang kita lalui, sudah pasti banyak kekhilafan yang kita lakukan, banyak alfa atas kewajiban kepada Allah SWT. Untuk itu, marilah kita manfaatkan bulan yang penuh pengampunan ini untuk bertaubat kepada Allah SWT.

Dengan melaksanakan puasa pada bulan Ramadan dengan penuh keimanan, maka Allah SWT menjanjikan akan menghapus dosa-dosa kita yang telah lalu.

Dengan begitu, bagi yang telah melaksanakan puasa selama sebulan lamanya, setelahnya dijamin akan kembali suci tanpa dosa, seperti bayi yang baru dilahirkan dari rahim ibunya.

Selain itu, Ramadan merupakan salah satu Rukun Islam, sehingga wajib bagi kita melaksanakannya. Bagi yang benar-benar tidak mampu, wajib mengganti ataupun membayar fidyah.

Dalam berbagai sumber, Allah SWT juga menyebutkan aroma mulut orang yang berpuasa lebih wangi disisi-Nya, melebihi wanginya minyak kasturi.

Janji Allah SWT itu dipertegas melalui Sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi “Barang siapa yang berpuasa ramadhan karena keimanan dan hanya berharap ridho Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, seperti diriwayatkan HR. Bukhari dan Muslim.|*

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here