Keren! Sekarang Perpanjang SIM Bisa Lewat HP Loh…

72
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Pembuatan dan Perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM bisa diakses di telepon genggam melalui aplikasi.

Kasat Lantas Polrestro Depok, AKBP Andi Indra Waspada mengatakan, perpanjangan SIM bisa dilakukan dari telepon genggam.

“Aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR Korlantas Polri diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk melakukan proses perpanjangan SIM. Jadi, kalau SIM belum habis masa berlakunya, atau mendekatk habis masa berlakunya, masyarakat sudah bisa mendownload aplikasi tersebut,” ujarnya, Rabu (14/4).

Kemudian, sambungnya, apabila sudah mengunduh aplikasi tersebut, masyarakat bisa memasukan data sesuai KTP. Nantinya akan terkoneksi dengan e-kesehatan, ada juga e-psikologi, dan apabila lulus akan keluar foto di aplikasi tersebut.

“Fotonya adalah foto si pemohon yang ingin memperpanjang atau membuat SIM, kemudian otomatis masuk ke data petugas kami,”katanya.

Saat peresmian SIM Online Satpas yang mendemontrasikan penggunaan aplikasi SIM SINAR ini ada Satpas Jombang, Satpas Denpasar, dan Satpas 1221 Polres Metro Depok.

“Suatu kehormatan dalam ajang acara peresmian terobosan baru dalam perpanjangan SIM melalui aplikasi SIM SINAR ini, Satpas kita diberikan demonstrasi dalam penggunaan perpanjangan SIM Online. Masyarakat sekarang sudah dipermudah dalam proses perpanjangan SIM A dan C tanpa antri,” paparnya.

Dia menambahkan pemohon dapat langsung mengunduh melalui smartphonr di Play Store (Android) dan App Store (IOS). Dapat dikatakan aplikasi Sinar ini merupakan salah satu ada di dunia. Dalam pelayanana perpanjangan SIM dengan sistem online di negara lain baru negara Indonesia.

Nantinya, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ujian teori, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui E-Rikkes, hingga melakukan perpanjangan SIM A dan SIM C lewat aplikasi Sinar.

“Dengan aplikasi ini, sebagian besar kepengurusannya membuat pemohon tidak perlu hadir ke Satpas atau gerai,” terangnya.

Dia menambahkan untuk pemohon pembuatan SIM baik A dan C masih harus datang ke Kantor Pelayanan Satpas dengan melalukan ujian praktik.

“Kita berharap dengan ada aplikasi SINAR ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat selain cepat juga bisa membatasi antrian. Nantinya SIM bisa diambil oleh pembuat ataupun diantar ke alamat masing-masing oleh PT Pos. Karena kami bekerjasama dengan PT Pos,” ucapnya.

Namun, sampai dengan sekarang aplikasi SINAR di Polresto Depok baru bisa digunakan untuk perpanjangan SIM A dan C saja.

“Hari ini sudah bisa dilakukan, sudah ada operatornya. Sebelumnya sudah dilakukan uji coba selama empat hari kemarin. Kami berharap, dengan adanya aplikasi SINAR bisa lebih mempermudah masyarakat membuat dan memperpanjang SIM dimanapun dan kapanpun. Kami juga akan mensosialisasikan aplikasi ini ke masyarakat luas,”katanya.

Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan peresmian aplikasi SIM Sinar ini serentak di lakukan seluruh jajaran Resort melalui live streaming.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Polri. Dia menilai aplikasi tersebut dapat memudahkan masyarakat dalam memperpanjang SIM secara personal serta mencegah tindakan percalonan.

“Apalagi di masa pandemi Covid-19 bisa minimalisir aktivitas bertemunya petugas dan pemohon,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here