Beberapa Warga Korban Longsor Pitara Saat Ini Masih Mengungsi

86
Inilah lokasi longsor di wilayah Pitara, Pancoran Mas

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Sekitar enam jiwa warga di RT 2/16 Kampung Pitara, Kelurahan Pancoran Mas, masih mengungsi di rumah kontrakan paska rumah dibagian belakangnya mengalami longsor.

Nuryani, penghuni rumah dibagian belakang yang tergerus longsor mengatakan, paska kejadian pada, Selasa (13/4) sore dia bersama anggota keluarganya untuk sementara pindah ke depan rumahnya.

“Untuk sementara kami ngontrak di depan rumah, takut ada longsor susulan,” ujarnya, kemarin.

Dia mengatakan tidak hanya dia saja yang mengungsi, warga lainnya yang ada di samping rumahnya pun ikut mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Terkait masalah bantuan sudah datang seperti dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan Kota Depok dan serta pihak lainnya.

Salah seorang saksi mata, Zaenal Abidin mengatakan saat itu hujan turun deras yang disertai dengan petir di wilayahnya.

“Kejadian saat itu hujan tiba-tiba bagian belakang rumah longsor,”katanya.

Dia mengatakan kejadian tersebut diduga akibat guyuran hujan deras yang mengakibatkan saluran air atau drainase tidak mampu menampung aliran air.

“Kalau kami lihat saluran air yang sudah terpasang, diduga tidak sampai ke mulut kali atau dinding Kali Krukut. Sehingga, menyebabkan Debit Air meluap ke rumah penghuni, dan membuat tanah longsor bagian belakang rumah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut,” paparnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana menambahkan pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada korban tanah longsor di Kelurahan Pancoran Mas diberikan terbagi dalam dua tahap.

“Bantuan tahap pertama telah diberikan berupa mie instan dan air mineral masing-masing dua dus. Sementara bantuan tahap kedua akan diberikan sore ini. Tahap kedua kita berikan, bantuannya berupa terpal, alat kebersihan, dan alat makan,” jelasnya.

Dia menambahkan, sebelumnya, pihaknya juga telah menurunkan sejumlah personel guna menangani tanah longsor yang menimpa salah satu rumah warga.

Dikatakannya, kejadian tesebut disebabkan oleh hujan yang mengguyur Kota Depok sejak kemarin sore hingga malam hari.

“Dalam menangani bencana kemarin kami menurunkan 10 personel dan dua unit mobil komando. Dalam kejadian tersebut tidak ada korban luka dan jiwa,” jelasnya.

Sementara itu hujan yang mengguyur Kota Depok, Rabu (14/4) juga menyebabkan ruas jalan di Arif Rahman Hakim tergenang air. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here