Rencananya Mau Diperbaiki Tahun Ini, Jalan GDC Amblas Duluan

154
Alat berat yang diturunkan PUPR mengevakuasi material jalan yang amblas

Cilodong | jurnaldepok.id
Kasus amblasnya Jalan Raya GDC Kecamatan Cilodong, dikarenakan kondisi jembatan dinilai sudah lapuk.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dadan Rustandi menduga, pemicunya adalah kondisi jembatan yang telah lapuk.

“Mungkin ini jembatan yang sudah lama, nah sebenarnya ini tuh sedang kami rencanain perbaikan, namun kejadiannya lebih duluan,” ujarnya saat meninjau lokasi, Selasa (13/4).

Selain kondisi infrastruktur yang sudah lapuk, faktor lainnya yang mempengaruhi seperti cuaca.

“Betul karena air, ada bocoran-bocoran, kami coba lihat. Jadi kami lihat memang itu karena pondasi sudah lama lapuk dihantam air. Kemarin kan hujan besar sehingga tidak tahan pondasi itu dan menyebabkan jembatan ambruk,”katanya.

Dia menambahkan, tahun lalu pernah terjadi kejadian serupa. Dirinya memperkirakan terdapat lubang atau saluran yang berada di bawah jalan tersebut.

“Setahun yang lalu pernah kejadian serupa menimpa ujung bangunan ruko yang amblas. Kemungkinan ada lubang besar atau saluran di bawah jalan, sudah kami uruk empat truk tidak penuh juga. Untuk itu hari ini akan kami tinjau kembali,” jelasnya.

Ia membantah jika peristiwa ini dikaitkan dengan perbaikan Jalan Boulevard belum lama ini.

“Oh lain, itu jelas beda. Kami enggak ada hubungan dengan pekerjaan tahun lalu. Ini (jembatan) memang direncanakan tahun ini, kami mau bangun jembatan lagi karena kami sudah antisipasi ini tidak layak,” jelasnya.

Pihaknya menurunkan alat berat untuk mengangkat material yang masih menghalangi arus air di Kali Cikumpa. Dadan memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Hanya saja, dua gerobak pedagang ikut jatuh ke kali,” katanya.

Belum diketahui secara pasti berapa lama proses perbaikan, namun garis polisi telah terpasang di sekitar lokasi kejadian. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here