Heboh! Warga Sukmajaya Temukan Buaya Muara di Saluran Air

2375
Inilah Buaya Muara yang berhasil ditemukan warga di saluran air

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Warga Perumahan Cengkeh Berbunga, Kelurahan Bakti Jaya, Sukmajaya, dikejutkan dengan penemuan seekor Buaya Muara. Buaya itu ditemukan di dekat saluran air rumah warga, Minggu (4/4).

Ketua RT 06/24 Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Axel mengatakan, buaya tersebut ditemukan warga di sekitar gorong-gorong atau saluran air lingkungan panjangnya mencapai kurang lebih 1,5 meter dan berat 50kg.

“Warga yang menemukan buaya tersebut tidak berani mengevakuasi buaya. Warga kami pun melapor pada petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok,” ujarnya, kemarin.

Selama menunggu petugas, warga hanya mengawasi agar buaya tidak lari ke Kali Ciliwung yang ada di dekat perumahan.

“Ya tadi pagi ada warga lapor ke saya soal penemuan buaya. Kami lapor ke Damkar untuk evakuasi. Jadi kami awasi dulu buaya itu takutnya kabur ke sungai, dibawah sungai itu kan Kali Ciliwung ya,”katanya.

Saat petugas datang dan memeriksanya, buaya tersebut sudah mati.

“Dari warga kami mau mindahin sendiri nggak berani, kan gak ada alatnya, akhirnya manggil Damkar, tapi pas dicek sudah mati. Tapi matinya kayaknya belum lama, baru semalam mungkin matinya,” ucapnya.

Petugas kemudian membawa buaya tersebut untuk diteliti di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Apakah itu buaya liar atau peliharaan. Warga kuatir kalau itu adalah buaya liar. Takutnya buaya peliharaan orang lepas, atau mungkin buaya liar. Nah kalau buaya liar warga lebih khawatir takutnya ada lagi,”ucapnya.

Penemuan buaya juga pernah terjadi sebelumnya sekitar 20 tahun lalu. Warga pun kaget karena muncul kembali setelah sekian lama. Warga menduga buaya itu terbawa arus deras Kali Ciliwung.

“Ya warga khawatir dan resah. Disamping rumah saya juga ada kolam renang warga. Disamping kolam renang langsung kali, ngerinya buayanya naik ke kolam renang. Makanya kami lagi nunggu konfirmasi dari BKSDA takutnya ini buaya liar,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here