Sedang Ditawarkan ke Investor, Monorel Rute Bojongsari-Depok Ditarget Beroperasi di 2023

921
ilustrasi

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Polana Banguningsih mengatakan, transportasi berbasis rel (monorel) akan mulai beroperasi di Kota Depok pada tahun 2023.

“Saat ini masih dalam kajian kami untuk di KPBU kan yaitu mengundang investor untuk berpartisipasi membangun dan studi OBC dan FBC agar nantinya bisa dijadikan dukungan untuk perlengkapan admistrasi,” ujar Polana saat meresmikan JR Connexion Sub Terminal Sawangan-Juanda Jakarta, beberapa hari lalu.

Ia menargetkan, pada 2023 mendatang monorel ditargetkan bisa mulai beroperasi.

“Untuk studi satu tahun, kemudian tahun 2022 mulai dilelang dan 2023 dimulai. Mudah-mudahan banyak investor yang tertarik dengan monorel ini,” paparnya.

Polana merasa yakin Depok merupakan kantong-kantong permintaan transportasi untuk menuju Jakarta.

“Karena masyarakat Depok ini kan commuter, kami mencatat di era normal kemarin ada 80 juta pergerakan orang, mungkin sekarang ada 40 persen,” jelasnya.

Sementara itu Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, revisi kajian terkait monorel nantinya ada di BPTJ.

“Kalau sudah siap semua nantinya akan kami tawarkan, kami akan berkolaborasi terus terkait monorel ini dengan BPTJ,” tandasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, H Dadang Wihana mengatakan, nantinya pembangunan monorel akan terkoneksi dengan stasiun MRT/LRT.

“Semua koridor tersebut akan terkoneksi dengan stasiun LRT/MRT seperti Stasiun Pocin-Cibubur, Stasiun Pocin-Cinere, Stasiun Depok Baru-Bojongsari dan Stasiun Depok Baru-TOD Gunung Putri,” tandasnya.

Keempat koridor tersebut diantaranya koridor I sepanjang 10,8 KM mulai dari Transit Oriented Development (TOD) Pondok Cina sampai stasiun LRT Cibubur, koridor II sepanjang 16,7 KM mulai dari TOD Depok Baru sampai Cinere dan diharapkan dapat terkoneksi dengan stasiun MRT Lebak Bulus.

Sementara, koridor III sepanjang 10,7 KM mulai dari TOD Depok Baru sampai Bojongsari, dan koridor IV sepanjang 13,8 KM mulai dari TOD Depok Baru sampai TOD Gunung Putri. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here