Lebih dari 5.000 Wartawan di Wilayah Jabodetabek Menjalani Vaksin Kedua

35
Proses vaksin tahap kedua bagi wartawan yang digelar di GBK

Jakarta | jurnaldepok.id
Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua Covid-19 untuk insan pers se-Jabodetabek di Hall A Basket Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat selama dua hari berlangsung lancar dan tertib.

Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo seusai divaksin menilai, pelaksanaan terkelola dengan baik.

“Ini sekaligus menunjukkan bahwa wartawan ternyata mudah diatur,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu Wakil Sekretaris Jenderal Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Suprapto mengungkapkan, PWI mengawal penuh kegiatan vaksin dosis kedua.

“Kami mengawal pelaksanaan vaksinasi. Jangan sampai ada masalah, terutama ketika registrasi,” katanya didampingi Ketua PWI Peduli, M Nasir, dan Ketua Bidang Distribusi Karim Paputungan, Sekretaris Elly Pujianti serta Humas Nurcholis Basyari.

Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry Ch Bangun yang berada di lokasi menyatakan senang dan mengapresiasi kerja panitia.

“Peserta merasa nyaman. Tidak ada rasa takut sama sekali,” tandasnya.

Pada pelaksanaan hari terakhir vaksin dosis kedua, Rabu (17/3) tercatat awak media yang divaksin dosis kedua berjumlah 5.025 orang. Sedangkan yang divaksin dosis pertama pada 25-27 Februari lalu mencapai 5.227 peserta.

“Diperoleh keterangan, jumlah peserta pada vaksinasi dosis dua berkurang, karena khusus untuk yang berusia lebih dari 60 tahun, akan disuntik setelah tenggang 28 hari dari suntikan dosis pertama. Selain itu ada peserta yang belum dapat disuntik, karena alasan kesehatan,” jelas Ketua PWI Peduli, M Nasir.

Seperti diketahui, pemerintah menyediakan vaksin bagi 5.512 wartawan se-Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Pelaksanaannya dilakukan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan 9 konstituen Dewan Pers lainnya, untuk menciptakan kekebalan tubuh atau herd immunity.

Sementara itu Ketua Komisi Hubungan Antarlembaga Dewan Pers, Agus Sudibyo berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo, Kemenkoinfo dan Kemenkes yang berkontribusi atas 10.440 vaksin untuk wartawan se-Jabodetabek.

“Teman-teman yang sudah divaksin harus tetap menjaga protokol kesehatan. Jangan kendor,” katanya.

Bagi yang belum mendapat giliran, Agus berpesan, agar mendaftar pada asosiasi media untuk mendapat giliran vaksinasi pada gelombang berikut.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate beserta jajarannya hadir pada hari pertama vaksinasi.

“Saya melihat vaksinasi bagus sekali. Setiap vaksinator bisa menyuntik 40 orang sehari,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here