Ketua PWI Jabar Ungkap Ada Yang Mencoba Memecah Belah Eksistensi PWI

53
Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat saat memberikan sambutan di acara puncak HPN PWI Jawa Barat

Cianjur | jurnaldepok.id
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Hilman Hidayat mengungkapkan, setelah melakukan identifikasi beberapa tahun belakangan, ternyata ada yang tidak suka dengan eksistensi dan berkembangnya PWI.

“Ada yang tidak suka dengan eksistensi PWI, mereka menyebut PWI ini produk purbakala yang masih hidup hingga saat ini. Bahkan ada yang bilang PWI ini ormas yang masih hidup sejak zaman orde baru. Padahal PWI ini kumpulan profesi wartawan, bukan ormas kepemudan atau ormas kepartaian. PWI hanya kumpulan profesi dan jumlahnya makin membengkak, saat ini tercatat ada 12 ribu anggota se Indonesia,” ujar Hilman saat acara malam puncak Hari Pers Nasional (HPN) dan Doa Bersama PWI Provinsi Jawa Barat di salah satu hotel di kawasan Cianjur, Selasa (16/3) malam.

Dari itu, ia meminta kepada wartawan yang tergabung dalam PWI untuk merapatkan barisan, berubah dan membuka diri serta membuang image PWI bersikap ekslusive.

“Dulu yang berkumpul di PWI itu media mainstream, kalau bukan media mainstream tidak bisa. Saat ini zaman sudah berubah, kita tidak tahu media kecil lima tahun mendatang akan menjadi besar. Ketika media itu masih kecil dan wrtawannya ingin menjadi anggota PWI, ya diterima. Suatu saat medianya akan besar,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, struktur organisasi saat ini hampir 40 persen keanggotaannya hampir sudah kadaluarsa.

Dari itu, PWI harus bangkit, bergerak, semangat dimulai dari Cianjur sebagai tuan rumah HPN PWI Jawa Barat 2021.

“Semangat kepala daerah yang mendukung eksistensi PWI harus dijadikan stimulus agar PWI di Jawa Barat semakin besar. Dulu PWI tidak besar tidak menjadi persoalan, tapi ketika PWI menjadi besar dan menggurita akan banyak persoalan yang muncul,” terangnya.

Ditegaskan Hilman, secara politik PWI bukanlah organisasi partai dan tidak berorientasi kepada politik. Namun, kata dia, hal itu dengan sendirinya telah diperhitungkan dan mulai dicurigai.

“Semua harus hati-hati, karena di luar sana sudah banyak pihak yang menginginkan PWI ini terbelah. Kami akan rapatkan barisan kepada seluruh pengurus PWI di Jawa Barat,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here