Wow…Universitas Indonesia Peringkat ke Delapan di Asia Tenggara

310
istimewa

Beji | jurnaldepok.id
Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia The Times Higher Education (THE) kembali merilis Emerging Economies University Rankings 2021 melalui laman www.timeshighereducation.com/world-university-rankings dengan menempatkan Universitas Indonesia (UI) di peringkat delapan tingkat Asia Tenggara.

Rektor Universitas Indonesia, Prof Ari Kuncoro menjelaskan bahwa perguruan tinggi memiliki kontribusi yang besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang adaptif di era revolusi industri yang bergerak sangat cepat.

“Semoga UI dapat terus meningkatkan prestasinya, berkontribusi nyata dalam membangun negeri, khususnya dalam menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global. UI saat ini menduduki peringkat kedelapan di Asia Tenggara, dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam Top 150 Emerging Economies University Ranking,” ujarnya, kemarin.

Pemeringkatan ini mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di 48 negara yang digolongkan sebagai negara berkembang di dunia.

Sebanyak 27 bidang studi di UI berhasil masuk dalam jajaran ASEAN Emerging Economies Countries by Subject Category, yakni Accounting&Finance (7), Archeology (5), Architecture (6), Art, Performing Arts & Design (6), Biological Sciences (7), Business&Management (8), Chemical Engineering (8), Chemistry (8), Civil Engineering (8).

Selanjutnya Communications&Media Studies (7), Computer Science (8), Economics&Econometrics (7), Electrical&Electronic Engineering (8), General Engineering (8), Geography (7), Geology, Environmental, Earth and Marine Sciences (8), History, Philosophy.

Berikutnya Theology (7), Languages, Literature & Linguistics (7), Law (4), Mathematics & Statistics (7), Mechanical & Aerospace Engineering (8), Medicine & Dentistry (7), Other Health (7), Physics & Astronomy (8), Politics&International Studies (7), Psychology (6), dan Sociology (7).

“Tahun 2021 adalah tahun kelima Indonesia masuk dalam pemeringkatan THE. Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan aspek performa pengajaran (kegiatan belajar mengajar, rasio jumlah staf-mahasiswa, rasio lulusan bergelar sarjana-doktoral, penghargaan doktor sesuai dengan disiplin ilmu),” paparnya.

Selanjutnya, kata dia, kinerja penelitian, jumlah karya perguruan tinggi yang dikutip oleh para sarjana secara global, pendapatan industri serta pandangan internasional (proporsi mahasiswa asing, kolaborasi internasional).

Menurut Ari, perolehan peringkat dalam pemeringkatan oleh THE ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil direkognisi dunia dan masuk dalam jajaran perguruan tinggi unggul.

“Hal ini merupakan hasil kerja keras UI dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas hasil riset, inovasi dan pengabdian masyarakat; memperluas jejaring dan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Asia, Eropa dan Amerika; dan dalam menyelenggarakan program-program yang menarik minat mahasiswa asing untuk belajar di UI,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here