Berhasil Kurangi Sampah, Pemkot Depok Raih Penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup

41
Plh Wali Kota bersama Kadis DLHK beserta jajaran saat menerima penghargaan secara virtual

Sumber: berita.depok.go.id
Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kembali mendapatkan Penghargaan Kinerja Pengurangan Sampah di tahun ini.

Terdapat beberapa kriteria untuk meraih penghargaan tersebut.

“Satu per satu kriteria yang diajukan, secara bertahap kami penuhi. Selain, memang karena itu menjadi program kerja kami. Alhamdulillah, membuahkan hasil dengan diserahkannya penghargaan ini,” ujar Kepala DLHK Kota Depok, Ety Suryahati seperti dilansir berita.depok.go.id, kemarin.

Pernyataan itu dikatakan Ety usai menerima penghargaan dari Menteri KLHK RI Siti Nurbaya, secara virtual di Ruang VIP Alun-alun Kota Depok.

Dijelaskannya, kriteria yang dimaksud antara lain, memiliki Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) dan kebijakan terkait pengurangan sampah plastik. Selanjutnya, implementasi kebijakan pengurangan sampah plastik, inovasi atau kreavitas tentang pengurangan sampah, serta kinerja fasilitas pengelolaan sampah sebelum masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Alhamdulillah, kriteria tersebut telah terpenuhi. Kami sudah memiliki kebijakan dalam pengurangan sampah di antaranya, pembentukan Bank Sampah, Unit Pengolahan Sampah (UPS), pelarangan kantong plastik di supermarket serta inovasi maggot yang pertama di Indonesia,” terangnya.

Ety berharap, kebiasaan memilah sampah bisa terus dilaksanakan mulai dari rumah tangga. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat agar terus melakukan pemilahan sampah.

“Jika pengelolaan sampah kita baik, maka tingkat kesehatan masyarakat juga akan baik. Penghargaan ini kami persembahkan untuk anggota bank sampah dan masyarakat yang turut serta dalam pengelolaan sampah,” pungkasnya. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here