Hujan Deras, Rumah Warga Longsor dan Raya ARH Tergenang

19
Terlihat longsoran bangunan milik salah seorang warga di wilayah Sukmajaya

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Hujan yang mengguyur Kota Depok dan sekitarnya pada, Kamis (18/2) menyebabkan genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Pancoran Mas dan longsor di Sukmajaya.

Salah seorang warga, Taufikurahman mengatakan, Jalan ARH memang menjadi salah satu langganan banjir di Kota Depok, terlebih bila curah hujan tinggi, dalam beberapa menit saja air sudah merendam jalan.

Kejadian yang sering terulang ini dikatakannya lantaran aliran air kali yang ada di bawa Jembatan ARH menuju Situ Pladen kecil, sehingga tak dapat menampung debit air saat hujan deras melanda.

Akibatnya, berkali-kali lokasi jalan yang berjarak kurang dari 500 meter dari Kantor Wali Kota Depok ini menjadi langganan banjir.

Sutrisna, warga yang tinggal di dekat lokasi mengatakan, harusnya Pemerintah Kota Depok bisa mengambil langkah serius untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di Jalan ARH.

“Kalau cuma di sedot-sedot doang sih nggak pengaruh, besok kalau hujan lagi ya banjir lagi, sedot lagi, percuma saja,” tuturnya.

Sutrina mengaku, sebagai warga yang juga terkena imbas dari banjir tersebut, dirinya berharap Pemkot Depok dapat memerbaiki lokasi maupun pengguna jalan kesusahan lantaran banjir.

“Harusnya di revitalisasi atau diapain lah gitu biar nggak banjir terus. Di sini (Jalan ARH) pasti kalau hujan banjir, apalagi waktu musim hujan awal tahun kemarin, wah, banjir terus,” paparnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah instruksikan kepada Pjs Wali Kota untuk dihitung saja kebutuhannya, kalau solusinya pelebaran maupun pengerukan agar segera dilakukan.

Dirinya mengatakan, solusi jangka pendek untuk mengatasi banjir di sejumlah lokasi ini bisa dilakukan dengan mengeruk sampah yang mengendap di dalam saluran. Karena menurutnya, tidak mungkin jika dilakukan pembongkaran atau menyelam untuk mengambil sampah di dalamnya.

Sementara itu hujan deras juga menyebabkan rumah longsor di Perum Griya Merdeka Timur 1 Blok C no 1 arT 04 RW 20 Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk menuturkan atas kejadian ini menyebabkan dua rumah terancam bahaya.

Sementara penghuni rumah dengan dua Kepala Keluarga dengan enam jiwa harus diungsikan menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Anggota kami sudah ke lokasi kejadian, dua KK dengan enam jiwa, sementara satu orang warga dalam persiapan operasi bernama H Ikhsan di Rumah sakit sudah dipindahkan,”katanya.

Terkait penyebab longsor Deny menduga karena faktor curah hujan. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here