Belum Ada Keputusan dari Kemendagri, Pelantikan Idris-Imam Belum Jelas

303
Mohammad Idris-Imam Budi Hartono

Cipayung | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok terpilih, Mohammad Idris mengungkapkan hingga saat ini dirinya belum menerima kejelasan terkait pelantikan dirinya dan pasangannya, Imam Budi Hartono untuk dilantik menjadi wali-wakil wali kota Depok definitif.

“Belum jelas waktu pelantikkannya kapan, dari DPRD sudah melayangkan surat ke provinsi kemudian provinsi kami tanyakan sudah melayangkan surat ke Kemendagri,” ujar Idris kepada wartawan, Selasa (9/2).

Kemendagri, sambungnya, berkonsultasi dengan Satgas dan Presiden. Hasil konsultasi itu hingga saat ini belum diumumkan dan disosialisasikan.

“Mudah-mudahan ontime tanggal 17 Februari, sehingga kami dapat bekerja secara maksimal, karena banyak sekali pejabat tinggi pratama di Kota Depok eselon II yang kosong, khususnya sekda. Karena sekda ini sangat berperan fungsi-fungsinya dan sulit untuk dijalankan kalau memang belum definitif,” paparnya.

Saat ini, kata dia, yang berwenang untuk membuat keputusan kapan dirinya dilantik adalah Menteri Dalam Negeri.

“Nanti Pak Gubernur akan melimpahkan untuk melantik kepala daerah terpilih, nah pelimpahan pelantikkan itu belum ada, belum ada suratnya. Kami masih tunggu delapan hari lagi,” katanya.

Meskipun semua kebijakan itu ada di Kemendagri, namun Idris memberi sinyal bahwa dirinya tidak menghendaki adanya Plt Wali Kota Depok.

“Kami hanya melaporkan saja, bahwa banyak sekali eselon II ini yang kosong, begitu juga dinas-dinas yang sangat fundamental seperti Dinas Perizinan kosong, lurah dan camat juga banyak yang pensiun. Sehingga memang perlu segera diisi,” jelasnya.

Terlebih, disituasi seperti ini pihaknya digenjot untuk melaksanakan Kampung Siaga yang berbasis RW.

“Maka akan sulit untuk berkoordinasi ketika lurah nya pensiun. Apalagi saat ini ada instruksi menteri terkait pembuatan posko satgas di setiap keluarahan, nanti ketuanya luarah. Kalau lurahnya kosong repot,” terangnya.

Dari itu dirinya berharap palantikan wali-wakil wali kota terpilih dapat dilaksanakan sesuai jadwal. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here