Kampung Siaga Tangguh Jaya Diyakini Mampu Menekan Angka Covid-19 di Depok

58
Pj Sekretaris Daerah Kota Depok, Sri Utomo bersama Forkopimda saat meninjau Kampung Tangguh di Sukmajaya

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Kampung Siaga Tangguh Jaya yang dibentuk Polri-TNI dan Pemkot Depok bisa menekan laju penyebaran Covid 19.

Demikian dikatakan Pj Sekda Kota Depok, Sri Utomo saat meresmikan kampung SiagaTangguh Jaya di RW 01 Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya.

Dia mengatakan, Kampung Siaga Tangguh Jaya di sejumlah wilayah Kota Depok nantinya akan dapat membantu menekan penyebaran Covid-19.

“Sebelumnya di Kota Depok sudah ada Kampung Siaga Covid-19 dan semakin lengkap dengan Kampung Siaga Tangguh Jaya. Ini adalah bagian dari upaya menekan penyebaran Covid-19,” ujarnya, Rabu (3/2).

Sri menambahkan, Kampung Siaga Tangguh Jaya merupakan inisiasi dari Polda Metro Jaya yang berkolaborasi antara jajaran kepolisian dan Pemerintah Daerah Kota Depok, dan Kodim 0508. Kedepannya Pemkot Depok mendukung upaya yang dilakukan oleh Polri melalui Polres Metro Depok serta Kodim 0508 untuk bersinergi dalam upaya menekan angka penyebaran Covid 19.

“Pada intinya kegiatan ini harus dengan kebersamaan dalam upaya pencegahan Covid-19. Bukan hanya TNI dan Polri, Pemerintah Daerah semata, namun bersama dengan warga masyarakat untuk melindungi diri sendiri, keluarga dan orang lain. Setuju dengan ucapan Gubernur DKI, Anis Baswedan Orang Yang Tidak Pakai Masker Adalah Orang Yang Tidak Menghargai Orang Lain,”katanya.

Ia mengungkapkan, saat ini Orang Tanpa Gejala (OTG) di Kota Depok sungguh luar biasa, ruang isolasi di seluruh rumah sakit di Kota Depok sudah terisi hampir 97 persen.

“Mari kita perangi secara bersama, menggunakan masker yang baik dan benar adalah yang paling efektif memutus penyebaran Covid-19. Mari kita dukung gerakan Jakarta Bermasker Depok Bermasker,” ajaknya.

Kapolres Metro Depok, Kombes Pol Imran Edwin Siregar menambahkan bersama 3 Pilar (Polri, TNI dan Pemkot Depok ) terus bergerak dalam menekan penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Depok dan sekitarnya dengan terus mengefektifkan peran Kampung Siaga Tangguh Jaya yang sudah dibangun sekitar puluhan di Kota Depok.

“Harapannya di wilayah Depok mampu menurunkan angka penyebaran Covid-19 ini. Semua elemen harus bergerak bersama-sama untuk mewujudkan Depok sehat, aman dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid 19. Kami minta masyarakat dari mulai level RT/RW akan mampu membantu pemerintah untuk sama-sama menangani penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah Depok,” tandasnya.

Aryanto Kesuma, Ketua Kampung Siaga Tangguh Jaya RT 02/01 Kelurahan Abadi Jaya menambahkan, dengan Program Kampung Tangguh Jaya ini, efektifnya luar biasa sekali.

“Kami semua warga bekerja sama memperketat keluar masuknya warga dengan melakukan monitoring dan pengecekan suhu tubuh sesuai arahan yang ada. Setiap hari kami imbau warga untuk disipilin protokol kesehatan,” ungkapnya.

Program Kampung Siaga Tangguh Jaya juga memberikan sarana untuk masyarakat agar melaksanakan cocok tanam dan berternak ikan untuk kebutuhan pangan, terutama warga yang terpapar Covid-19.

Setiap warga di lingkungan mendapatkan edukasi terkait hidroponik mulai dari budidaya ikan sampai jenis tanaman yang menjadi kebutuhan sehari-hari. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here