Tim Gabungan Pemburu Covid-19 Temukan Masker Tak Layak Pakai

53
Kapolres dan Dandim saat membagikan masker kepada masyarakat

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Tim gabungan Pemburu Covid-19 Polres Metro Depok dan Kodim 0508 menemukan penggunaan masker yang sudah tak layak pakai.

Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar bersama Dandim 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikraj menemukan itu saat sidak di sejumlah pasar di Depok. Antara lain Pasar Depok Jaya dan Pasar Lama Dewi Sartika di Kecamatan Pancoran Mas.

Di Pasar Depok Jaya petugas menemukan pedagang dan warga dimana masker yang dipakai sudah kusam atau tidak layak pakai.

“Sini Pak Maskernya, sepertinya sudah tidak layak lagi, kami kasih masker ya,” ujar Kapolres Metro Depok Kombes Pol Imran Edwin Siregar saat membagikan masker kepada warga, Selasa (2/2).

Dia menambahkan, semestinya masker yang layak hanya digunakan sekitar empat jam. Namun terkadang ada yang masih menggunakan masker kain hingga seharian bahkan sudah kusam masih digunakan.

“Ini salah satu yang kami temukan di lapangan, semestinya bawa dua atau tiga dalam sehari sehingga bisa bergantian pemakaian maskernya,”katanya.

Tidak hanya itu saja, petuga juga menemukan warga masih tidak menggunakan masker saat beraktivitas di pasar dan lingkungan. Rata-rata warga mengaku lupa mengenakan masker dan berdalih hanya sebentar keluar rumah.

“Kami membagikan masker bersinergi dengan TNI, menyasar pasar-pasar karena masih ada yang tidak patuh prokes misalnya memakai masker. Kami bagikan masker untuk pengunjung dan pedagang pasar,” paparnya.

Dari hasil sidak ditemui masih ada pengunjung dan pedagang yang tidak memakai masker. Ketika ditanya mereka beralasan lupa. Padahal memakai masker adalah aturan yang harus dipatuhi.

“Ya alasan mereka lupa. Kami tidak segan mengingatkan dan meminta agar mereka juga jangan abai prokes. Pasar menjadi sasaran karena disana tempat banyak orang bertemu dari pagi sampai malam. Prokes di pasar kerap diabaikan sehingga mereka harus terus diingatkan,” terangnya.

Pihaknya bersama TNI akan rutin menggelar sidak di sejumlah pasar selama sepekan. Dengan harapan warga tetap patuh menerapkan prokes.

“Jangan sampai abai karena kesadaran warga juga menjadi kunci memutus mata rantai. Dengan adanya sidak prokes diharapkan Kota Depok bisa ke Zona Hijau,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here