Untuk Sementara Pendonor Plasma Didominasi ASN Pemkot Depok

48
Kadis Rumkim saat discreening untuk dilakukan donor plasma

Kota Kembang | jurnaldepok.id
Palang Merah Indonesia Kota Depok hingga, Kamis(28/1) mencatat sudah ada sekitar 12 pendonor plasma konvalesen yang didominasi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Unit Donor Darah PMI Depok, Widya Astriani kepada wartawan mengatakan para pendonor itu sebelumnya sudah diskrining oleh petugas. Mulanya ada 26 orang pendaftar namun setelah diseleksi hanya 12 orang yang lolos untuk donor.

“Daftar yang nyumbang sebagai gambarannya itu ada sekitar 26 orang, namun yang dapat itu cuma 12. Jadi memang belum tentu yang sudah menderita Covid lalu negatif bisa diambil semua,” ujarnya, kemarin.

Saat ini pihaknya masih membuka pendaftaran bagi pendonor. Pertama adalah pendaftaran melalui link Google form khusus yang nanti bisa diakses untuk oleh semua orang khususnya untuk pendonor yang telah sembuh dari Covid -19. Selanjutnya, ada beberapa data yang harus diverifikasi.

“Misalnya hasil swab PCR terkahir. Setelah dinyatakan lolos maka petugas dari PMI akan memanggil dan menelpon pendonor atau yang calon pendonor sudah mengisi link tersebut. Lalu setelah dipanggil pihaknya akan melakukan skrining,” paparnya.

Skrining ada enam tabung yang diambil untuk penyakit menular lewat transfusi darah antibodi antibodi sars cov-2 yang nantinya itu memang yang diambil.

“Setelah lengkap skrining antibodi golongan darah. Titer antibodi sars cov-2 sama satu lagi pemeriksaan menular yang lebih tinggi lagi metodenya. Satu orang pendonor memakan waktu sekitar 30 menit untuk proses pengambilan,” katanya.

Setalah itu, sambungnya, ada proses lagi yaitu seperti pembekuan agar bisa disimpan dan didistribusikan ke yang membutuhkan. Untuk satu orang pendonor bisa dibagi menjadi tiga kantong.

“Satu kantong 200 CC. Sebenarnya pengambilannya itu tergantung berat badan. Semakin besar berat badannya semakin banyak,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here