Alhamdulillah…Depok Kembali Oranye Setelah 7 Minggu Zona Merah

242
Data terakhir Covid-19 zonasi Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Setelah tujuh minggu berada di zona merah, kemarin Kota Depok akhirnya berada di zona oranye. Hal itu diungkapkan oleh Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana.

“Saat ini Alhamdulillah Kota Depok dirilis satgas pusat, kembali ke zona oranye setelah tujuh minggu berada di zona merah,” ujar Dadang kepada Jurnal Depok, Senin (25/1).

Perhitungan tersebut, kata dia, bersumber dari indikator Kesmas yang telah ditetapkan oleh satgas pusat.

Dimana salah satu indikatornya dijelaskan, penurunan jumlah kasus positif selama dua minggu sejak puncak terakhir (target>50%).

“Selain itu, saat ini kemampuan test kita sudah cukup tinggi yang diprioritaskan untuk kontak erat dan suspect. Demikian pula angka kesembuhan terus naik dan angka kematian juga turun,” paparnya.

Meskipun berada di zona oranye, sambungnya, penerapan protokol kesehatan tetap harus dilakukan secara ketat, karena penambahan kasus terus terjadi, terutama di klaster keluarga dan perkantoran.

“Penularan juga terjadi karena intensitas pergerakan orang yang cukup tinggi. Dimana warga Depok 58% merupakan commuter,” katanya.

Sehingga, lanjutnya, kejadian di Depok sangat dipengaruhi oleh kondisi Jabodetabek dan demikian pula sebaliknya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here