Musrenbang Pondok Petir Fokus Penanganan Banjir

21
Suasana Musrenbang di Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari

Laporan: Rahmat Tarmuji
Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan, kemarin digelar Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari.

Ada beberapa isue strategis dalam Musrenbang yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemuda dan Anggota DPRD Kota Depok itu.

“Ada beberapa program pembangunan yang diusulkan di wilayah kami. Namun begitu, kami juga masih fokus pada persoalan penangan banjir di beberapa RW di wilayah kami,” ujar Rizal Farhan, Lurah Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, kemarin.

Ia menyebut, salah satu bentuk antisipasi banjir yakni normalisasi Kali Angke yang melintas di Perumahan Villa Pamulang yang selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

Tak hanya itu, normalisasi kali juga akan dilakukan di lingkungan RW 03, 04, 18 dan RW 19 tepatnya yang berada di bibir Perumahan Reni Jaya yang juga menjadi wilayah terdampak banjir.

“Kami akan mengusulkan ke pemkot agar nantinya dibangun tendon air, agar bisa memenimalisir banjir di wilayah tersebut,” paparnya.

Selain banjir, Rizal juga mengusulkan agar kantor kelurahannya dibangun ulang dengan desain kearifan lokal.

“Karena wilayah kami ini berada di perbatasan Depok-Tangsel, maka kami ingin memiliki kantor yang memiliki cirikhas dengan Pondok Petir, apakah nanti ada menara petir atau gapura yang melambangkan petir,” katanya.

Camat Bojongsari, Dede Hidayat yang hadir dalam kesempatan itu meminta kepada masyarakat agar dapat mengusulkan pembangunan skala prioritas.

“Alhamdulillah, dari tujuh kelurahan di wilayah kami semuanya telah menggelar Musrenbang, baik secara virtual maupun tatap muka dengan jumlah yang dibatasi,” tandasnya.

Dede berharap gelaran Musrenbang dapat benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengusulkan program pembangunan di wilayah masing-masing.

Sementara itu Anggota DPRD Depok, Mad Arif berjanji akan mendorongdan mengawal program pembangunan yang masuk dalam Musrenbang agar dapat terealisasi. n

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here