Belajar Dari Rumah Kini Bisa Lewat Youtube, Terobosan Baru di Indonesia

25
Wali Kota Depok saat melaunching kanal Youtube untuk pembelajaran siswa

Margonda | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, resmi meluncurkan kanal Youtube pembelajaran dalam jaringan atau daring. Kanal yang diberi nama ‘Belajar Bersama Disdik Kota Depok’ ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR).

Wali Kota Depok, Mohammad Idris, mengatakan peluncur kanal Youtube tersebut menjadi yang pertama di Indonesia dengan melibatkan guru-guru se-Kota Depok. Dia pun meminta agar keberadaan kanal ini dapat disebarluaskan agar diketahui oleh masyarakat.

“Bisa ditularkan ke seluruh Indonesia, sebab sepengetahuan saya ini yang pertama di Indonesia. Tolong dinarasikan dan disampaikan kepada kerabat-kerabat kita,” ujar Mohammad Idris seperti dilansir berita.depok.go.id, di Aula Serbaguna, lantai 10, Gedung Dibaleka II, Senin (18/1).

Dikatakannya, kanal Youtube ini memuat video-video pembelajaran bagi siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Waktu penayangannya setiap Senin sampai Kamis pukul 07.45 -12.00 WIB, serta Jumat pukul 07.45-11.00 WIB.

“Pembelajaran kita tetap berjalan dengan baik. Intinya masalah pemahaman terhadap pelajaran-pelajaran dan kejenuhan dari para siswa bisa terbantu dengan channel Youtube ini,” paparnya.

Dirinya berharap, kehadiran kanal Youtube tersebut dapat bermanfaat bagi siswa di Kota Depok. Selain itu, juga bisa meminimalisir kendala selama BDR berlangsung.

“Bisa dimanfaatkan tidak hanya di jam belajar, tapi dapat diulang kembali saat di luar jam belajar,” terangnya.

Sejumlah guru dan siswa di Kota Depok menyambut baik peluncuran kanal Youtube ‘Belajar Bersama Disdik Depok.’ Program yang diinisiasi oleh Pemerintah kota (Pemkot) Depok ini, dinilai sangat membantu siswa dalam mengikuti Kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) selama pandemi Covid-19.

“Dengan adanya Youtube ini sangat membantu, paling tidak siswa mempunyai warna baru, sehingga lebih tertarik dan semangat selama kegiatan BDR,” ujar Dudih Rohadi, Wakil Kepala SMPN 4 Depok.

Dia mengatakan, adanya kanal Youtube ini juga membuat para guru semakin kreatif dan inovatif. Dengan begitu, murid dapat menerima dan memahami pembelajaran, meski tidak bertatap muka secara langsung.

“Sudah otomatis, guru dituntut harus lebih kreatif, terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Jangan sampai kita menjadi tidak berdaya,” katanya.

Senada dengan itu, Tati Maryati, Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris, SMPN 16 Depok menyebut, adanya kanal ini membuat siswa dapat belajar kapan pun. Orang tua siswa juga dapat memantau langsung kegiatan belajar mengajar anaknya.
“Di sisi lain orang tua jadi tau juga materi-materi yang disampaikan oleh gurunya. Jadi bisa membantu belajar dari rumah,” ungkap Tati.

Di tempat yang sama, Detalia Boru Sihotang, siswi SMPN 13 Depok, mengaku sangat terbantu dengan adanya kanal Youtube tersebut. Sebab, selama ini materi yang diberikan gurunya kerap terkendala.

“Kalau di Youtube bisa aku ulang-ulang materinya, jadi materi yang kurang paham bisa diliat lagi,” pungkasnya.|*

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here