252 Tenaga Kesehatan Disiapkan untuk Melakukan Vaksin Covid-19

53
Dandim dan Kapolres Metro Depok saat melihat langsung keberadaan vaksin

Margonda | jurnaldepok.id
Dinas Kesehatan Kota Depok mempersiapkan sekitar 252 tenaga kesehatan yang akan memberikan vaksin kepada penerimanya.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan Sumber Daya Manusia (SDM) sudah dilatih sebagai vaksinator. Seluruhnya berasal dari perwakilan tenaga kesehatan di faskes yang sudah ditunjuk untuk melayani vaksinasi.

“Sudah dilatih 60 orang dan sedang dalam pelatihan sebanyak 192 orang. Dengan demikian, total sebanyak 252 vaksinator dari 60 faskes di Kota Depok,” ujarnya, kemarin.

Sementara itu sekitar 60 fasilitas kesehatan (Faskes) ditetapkan Pemerintah Kota Depok untuk melayani pemberian vaksinasi Covid-19. Faskes tersebut terdiri dari 38 Puskesmas, 20 Rumah Sakit (RS) Swasta, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok dan RS Bhayangkara Brimob.

“Sudah kami tetapkan ada 60 faskes yang akan melayani pemberian vaksinasi Covid-19,” katanya.

Dikatakannya, RS yang ditunjuk untuk memberikan vaksin Sinovac tersebut merupakan RS yang mampu melayani pasien Covid-19.

“Untuk RS, Klinik Polres atau TNI dan klinik swasta yang belum bisa ditetapkan sebagai tempat vaksinasi, akan berjejaring dengan Puskesmas wilayah untuk bekerja sama melaksanakan vaksinasi,” paparnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana menambahkan ada sekitar 11.140 vaksin sudah tiba di Kota Depok. Selanjutnya vaksin itu akan didistribusikan ke fasilitas kesehatan yang telah ditunjuk pemerintah.

“Untuk vaksin sebanyak 11.140 sudah sampai di Depok, pendistribusian disesuaikan dengan data yang ada di aplikasi yang terintegrasi dengan pemerintah. Pendistribusian vaksin dilakukn secara ketat dan standar yang berlaku,” tandasnya.

Untuk hari ini (kemarin,red) telah didistribusikan ke Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

“Jadi pendistribusian vaksin dilakukan secara ketat sesuai dengan jumlah yang ada di aplikasi dan ketempat mana yang harus dikirim. Nah untuk hari ini sudah diserahterimakan untuk kegiatan pencanangan pada, Kamis(14/1),”katanya.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj menyatakan siap menerima suntikan vaksin Sinovac.

“Sebagai TNI saya selalu siap untuk menjalankan arahan. Karena itu, saya siap untuk divaksin dan menjadi contoh bagi masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, Kodim Depok juga akan membantu proses pengamanan vaksin Covid-19 yang sudah tiba di Kota Depok pada, Selasa (12/1) kemarin. Mulai dari mendukung pengamanan hingga sosialisasi kepada masyarakat.

Kemudian, sambungnya, mengenai jumlah personel yang akan dikerahkan untuk pengamanan vaksin, akan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Kami sebagai garda terdepan wajib memberi contoh lebih dulu. Dengan begitu, masyarakat akan percaya terhadap vaksin tersebut. Serta tidak ada keraguan ketika masyarakat mulai divaksin,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here