Loket Disdukcapil Tutup Dua Hari, Layanan Kependudukan via Online

72
Tampak depan Balikota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pemeritah Kota Depok, Nuraeni Widyatti mengungkapkan, pihaknya terpaksa menutup loket pelayanan admistrasi kependudukan selama dua hari.

“Loket saja yang ditutup selama dua hari, layanan online tetap berjalan. Pengiriman dokumem seperti KK, akte via online dengan pengiriman PDF. Kami sedang lakukan konsolidasi internal. Menyiapkan pengaturan SDM dengan adanya PPKM dari pemerintah,” ujar Nuraeni kepada Jurnal Depok, Minggu (10/1).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya juga sedang menjajaki kerjasama dengan ojek online dalam pengantaran dokumennya serta menyiapkan loket tambahan untuk pengambilan KIA dan KTP (pindah datang).

Diakuinya, ditutupnya loket pelayanan admistrasi kependudukan di Balaikota Depok juga lantaran adanya pegawai di dinasnya yang positif Covid 19.

“Ada satu orang tertular dari suami (kluster keluarga,red), dua lagi masih tunggu hasil swab. Saya sudah swab hasilnya Alhamdulillah negatif. Teman-teman yang kontak erat sudah ajukan swab tapi belum, semoga Senin ini bisa diswab,” paparnya.

Dikatakannya, pegawainya yang positif Covid 19 bukanlah petugas di pelayanan melainkan di back office.

“Itupun tertular dari suaminya. Sejak tahun baru tidak masuk, saat ini yang bersangkutan sedang isolasi mandiri. Suaminya di RSUI,” jelasnya.

Adapun langkah-langkah yang sudah diambil pihaknya yakni melakukan sterilisasi di loket pelayanan dan kantornya.

“Bismillah, semoga yang lain sehat dan aman. Kami sterilisasi lagi hari ini atau besok. Mohon doa agar pegawai kami diberikan perlindungan dan kekuatan oleh Allah SWT, agar tetap sehat dan bisa melayani warga lebih baik lagi,” harapnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, selama pandemi Covid 19 pihaknya telah tiga kali menutup loket pelayanan admistrasi kependudukan. Penutupan pertama dilakukan pada April dan November 2020.

Sementara penutupan ketiga akan dilakukan hari ini dan esok yakni 11-12 Januari 2021.

“Kami tetap waspada, ini penutupan yang ketiga. Di November ada yang positif dua orang dan di Januari ini ada yang positif satu orang. Pelayanan tetap jalan by online dengan pengaturan jam kerja 50% WFH,” tukasnyanya.

Bagi masyarakat yang ingin mengurus admistrasi kependudukan bisa melalui WhatsApp di nomor 0811-166-864 n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here