Khutbah Jumat: Fir’aun Memimpin Para Diktator Masuk Neraka

159
KH Syamsul Yakin

Oleh: Syamsul Yakin
Wakil Ketua Umum MUI Kota Depok

Dalam Tafsir Surah Yasin, Syaikh Hamami Zadah menuliskan bahwa nanti di akhirat Fir’aun memakai mahkota di kepalanya yang terbuat dari api. Mahkota ini tentu jadi lambang dahsyatnya siksa.

Tak hanya itu, Fir’aun akan memimpin para diktator dan orang-orang sombong masuk neraka. Mereka digiring secara paksa. Namun tak seperti saat di dunia, mereka tak bisa melakukan perlawanan apa-apa.

Seperti halnya Fir’aun, durjana lain yang akan memimpin pelaku dosa masuk neraka adalah Qabil. Ia adalah putra Nabi Adam as yang dengki kepada saudaranya, yakni Habil dan membunuhnya secara zalim.

Akibat perbuatannya ini, Qabil diikat kaki dan lehernya dengan rantai dari api, lalu digiring secara paksa masuk neraka. Neraka lagi-lagi jadi tempat orang yang berhati iri dan dengki, bukan hanya mengaku tuhan seperti Fir’aun.

Orang yang bernasib sama seperti Fir’aun lainnya adalah Ka’ab bin al-Asyraf. Ia adalah pemuka Yahudi yang dikenal sebagai orang yang menyembunyikan kebenaran. Padahal kebenaran seharusnya dishare melalui media konvergensi.

Kelak, Ka’ab dibelenggu dengan rantai dari api dan digiring secara paksa masuk neraka. Ia memimpin orang-orang yang berbuat dosa seperti dirinya masuk neraka. Jadi, menghilangkan hak informasi publik berujung neraka.

Berikutnya orang yang senasib dengan Fir’aun adalah Abu Jahal. Ia adalah representasi orang-orang yang tidak beriman kepada rasul. Kelak ia digiring masuk neraka dan mendekam di sana selama-lamanya. Begitu juga orang serupa dengannya.

Selain deretan nama-nama tenar di panggung sejarah lengkap dengan dosa mereka masing-masing di atas, menurut Syaikh Hamami Zadah, ada seorang yang akan menghuni neraka karena menghina orang susah, yakni fakir dan miskin. Ia adalah Walid bin Mughirah.

Deskripsi Syaikh Hamami Zadah secara historis di atas mendapat legitimasi secara teologis, seperti firman-Nya, “(Ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya” (QS. al-Isra/17: 71).

Artinya, Fir’aun akan memimpin para diktator dan orang-orang sombong masuk neraka. Begitu juga Qabil, Ka’ab, Abu Jahal, dan Walid akan menjadi pemimpin pelaku dosa yang serupa dengan mereka masuk neraka.

Deretan nama lain dengan beragam dosa tentu masih panjang. Semoga kita berada di barisan orang-orang beriman kepada Allah SWT dan rasul-Nya secara permanen, dan bersedia hidup memberi keselamatan buat orang lain. Aamiin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here