WNA Mulai Dibatasi, Cinere Awasi Keberadaan Orang Asing

14
Pihak Imigrasi dan Kecamatan Cinere saat melakukan sosialisasi terkait pengawasan orang asing

Cinere | jurnaldepok.id
Puluhan Ketua Rt/Rw, Kader PKK dan jajaran Karang Taruna (Katar) serta sejumlah elemen masyarakat lain diwilayah Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB), Kecamatan Cinere, belum lama ini mengikuti sosialisasi pemantauan orang asing dan organisasi asing yang diselenggarakan oleh Kantor Kecamatan Cinere yang bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Kota Depok.

Kasie Pemerintahan Kantor Kecamatan Cinere, Diki Wahyudi berharap pelaksanaan sosialisasi pemantauan orang asing dan organisasi asing di wilayah Kecamatan Cinere akan memudahkan pihak terkait dalam mengawasi aktivitas orang asing termasuk dalam hal memeriksa identitas serta kelengkapan surat izin tinggal warga asing diwilayah Kecamatan Cinere.

“Kantor Imigrasi butuh informasi dari warga untuk melakukan pemantauan keberadaan dan aktivitas orang asing serta organisasi asing, oleh sebab itu warga harus paham apa saja yang harus dilakukan saat mengetahui diwilayahnya ada orang asing atau kegiatan organisasi asing, kemudian melaporkannya ke Kantor imigrasi,” ujar Diki.

Hal senada dikatakan Kasubsi Intelejen Kantor Imigrasi Kota Depok, Djoko Ardiyanto Wibowo.
Dikatakan Djoko, keterbatasan jumlah personel Kantor Imigrasi tak memungkinkan untuk mengawasi keberadaan dan aktivitas orang asing dan organisasi asing di seluruh wilayah Kota Depok.

“Untuk itu, kata dia, bantuan informasi dan data dari masyarakat sangat dibutuhkan oleh Kantor Imigrasi dalam upaya penertiban keberadaan orang asing maupun kegiatan organisasi asing diwilayah Kota Depok.

“Jumlah personel kami sangat terbatas, bantuan informasi dan data dari masyarakat terkait keberadaan dan aktivitas orang asing atau organisasi asing tentu sangat kami butuhkan, ini merukan salah satu tujuan diselenggarakannya sosialisasi pemantauan orang asing dan organisasi asing di wilayah,” kata Djoko dihadapan para peserta sosialisasi.

Sementara Kepala Kantor Kelurahan Pangkalan Jati Baru (PJB) Kecamatan Cinere, H Sugianto menyambut baik pelaksanaan sosialisasi pemantauan orang asing dan organisasi asing yang diselenggarakan oleh Kantor Imigrasi yang bekerjasama dengan Kantor Kecamatan Cinere.

“Diwilayah kami orang asing memang ada bermukim disejumlah perumahan seperti di Perumahan Andara Village, namun untuk organisasi asing kami belum tahu. Namun apapun itu kami sangat berterimakasih kepada jajaran Kantor Imigrasi yang telah memberikan tips kepada para stakekholder kami terkait giat pemantauan orang asing dan organisasi asing di wilayah kami,” pungkas Sugianto. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here