Wali Kota Minta ASN Loyal Kepada Pimpinannya Dalam Menjalankan Tugas

132
Wali Kota Depok saat mengembil sumpah jabatan kepada pejabat fungsional Pemerintah Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Wali Kota Depok, Mohammad Idris meminta kepada pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kota Depok yang baru saja dilantik dapat loyal terhadap pimpinanya.

“Perlu dipertajam integritas kita sebagai pelayan masyarakat. Integritas ini intinya dua, mempertahankan dan meningkatkan profesionalitas dan loyalitas,” ujar Idris, Senin (28/12).

Profesionalitas, kata dia, bisa dibagi beberapa unsur seperti kredibilitas.

“Kredibilitas ASN tentunya sudah diuji secara admistrasi dan secara keterampilan. Disamping kredibilitas kinerja dengan melaksanakan kinerja sesuai tupoksinya, serta kredibiltas dari sisi moral. Bahwa saat ini kita telah menjadi wajahnya pemerintah kota,” paparnya.

Jangan sampai, kata Idris, para ASN memperlihatkan wajahnya sendiri, akan tetapi harus diperlihatkan wajah dari dinas masing-masing umumnya pemerintah kota. Maka krediblitas moral ini benar-benar menjadi perhatian pihaknya.

Begitu, lanjutnya, dengan kapasitas para ASN yang seharusnya sudah tidak diragukan lagi baik distruktural maupun fungsional. Hal itu dapat ditingkatkan dengan banyak belajar dan membaca serta menimba ilmu dari para seniornya.

“Selanjutnya yakni loyalitas, siapapun dalam pemerintahan khususnya eksekutif adalah loyalitas terhadap system, loyalitas kepada ketentuan peraturan, ini intinya. Aturan dan ketentuan ini dikoordinasikan oleh wali kota, wali kota memiliki perangkat daerah untuk pelaksanaan teknis urusan wajib dan urusan pilihan,” ungkapnya.

Dikatakan Idris, Loyalitas ASN pada hakekatnya kepada system. Sementara loyalitas kepada atasan atau pimpinan adalah loyalitas antara.

“Artinya, kalau pimpinnannya enggak sesuai ketentuan, ya jangan loyal. Tapi selama pimpinannya loyal kepada ketentuan kita harus loyal. Sehingga benar-benar roda pemerintahan dapat berjalan dengan harmonis,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here