Pemkot dan Polres Gelar Aksi Simpatik di Peringatan Hari Ibu

67
Ketua TP PKK Kota Depok bersama aparat Polres Metro Depok saat menggelar aksi simpatik

Margonda | jurnaldepok.id
Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 tingkat Kota Depok tahun 2020 mengusung sub tema ‘Perempuan Penyemangat dan Garda Terdepan di Era New Normal’ dari tema Utama Nasional yaitu ‘Perempuan Berdaya Indonesia Maju’.

Rangkaian kegiatan PHI ke-92 tingkat Kota Depok pada acara puncak tanggal 22 Desember 2020 merupakan aksi simpati Pemerintah Kota Depok dalam hal ini DPAPMK, Tim Geulis Dinas Perhubungan, Pol PP, Damkar bersama Polres Metro Depok dan TP PKK Kota Depok.

“Kami menggelar aksi simpatik dengan membagikan masker dan hand sanitizer, sekaligus edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat pengguna jalan di Simpang Ramanda Margonda. Kegiatan ini sebagai bentuk upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang masih harus terus digaungkan dan disebarluaskan kepada masyarakat luas,” ujar Nessi Annisa Handari, Selasa (22/12).

Selanjutnya, kata dia, di tempat yang berbeda yakni di Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, dilakukan Wisuda Sekoper Cinta (Sekolah Perempuan Gapai Impian dan Cita-cita) dirangkai dengan peringatan Hari Ibu tingkat Provinsi Jawa Barat dan Nasional secara Virtual.

“Wisuda Sekoper Cinta ini sebagai puncak proses pembelajaran yang telah dilaksanakan selama dua bulan di lokasi Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Kegiatan wisuda dilakukan di tiga tempat yang berbeda dengan jumlah total peserta yang telah diwisuda adalah 100 orang,” paparnya.

Sekoper Cinta, sambungnya, merupakan kegiatan yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai wadah bagi perempuan untuk berbagi ilmu pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas hidup perempuan baik di lingkungan keluarga maupun di lingkungan masyarakat, sehingga mampu berkontribusi meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Pada kesempatan Wisuda Sekoper Cinta, Wali Kota Depok, Mohammad Idris secara virtual menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi bagi para alumni Sekoper Cinta.

“Pak Wali berharap ke depan mereka bisa menularkan ilmu yang telah didapatkan kepada keluarga dan masyarakat di sekelilingnya, serta mampu menjadi duta ketahanan keluarga di lingkungan mereka, sehingga diharapkan dapat mendorong terwujudnya pembangunan yang berketahanan keluarga di Kota Depok,” jelasnya.

Pada kesempatan PHI ke-92 ini, diumumkan juga pemenang berbagai lomba tingkat Provinsi Jawa Barat dan Depok berhasil menyabet beberapa juara diantaranya, Juara II Pelaksana terbaik P2WKSS Kategori Kota; Juara III Pelaksan terbaik program Ngabring Ka Sakola (Ngabaso) Kategori Kota; Juara II Tertib Administrasi PKK Kelurahan Mekarjaya, Kec Sukmajaya; Juara II Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Kelurahah Mekarjaya; Juara III Halaman Asri Teratur Indah Nyaman( Hatinya) PKK Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya; Juara III Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test PKK Kelurahan Mekarjaya Kecamatan Sukmajaya.

“Berbagai prestasi yang diraih di atas, tentu saja menjadi penyemangat bagi Pemerintah Kota Depok, agar lebih meningkatkan upaya pemberdayaan perempuan dalam pembangunan dan memberikan apresiasi dan motivasi bagi masyarakat khususnya perempuan untuk makin meningkatkan potensi dan kiprahnya dalam pembangunan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here