Dijamin Tak Buka Kotak Lagi, KPU Tetapkan Perolehan Suara Hari Ini

836
Hasil perolehan suara yang diunggah pihak KPU Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok hari ini dijadwalkan menggelar Rapat Pleno Hasil Penghitungan Suara tingkat kota.

“Teknis pleno di tingkat kota seperti biasa saja, seperti lumrahnya menjumlahkan suara masing-masing kecamatan. Sirekap jangan dijadikan patokan, itu hanya alat bantu. Yang harus dijadikan patokan yang manual berjenjang. Biasa aja ada kesalahan atau tidak sama, itu bisa terjadi. Karena Sirekap itu kan system, makanya diperkuat oleh rekap secara manual dan berjenjang,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Depok, Senin (14/12).

Ia menambahkan, pihaknya akan menjadikan dasar penetapan resmi perolehan suara berdasarkan penghitungan manual berjenjang.

“Betul akan dihitung kembali per kecamatan. Enggak buka kotak, kami hanya menjumlahkan dari hasil pleno berjenjang yang dari kecamatan sudah dilakukan,” paparnya.

Nana memastikan rapat pleno penetapan hasil penghitungan suara di tingkat kota akan selesai dalam satu hari.

“Mudah-mudahan kami dapat menuntaskannya dalam waktu sehari. Yang kami tetapkan adalah hasil, bukan calon terpilih, itu suatu yang berbeda. Setelah tidak ada gugatan ke MK, nantinya baru ada penetapan calon terpilih,” jelasnya.

Jika ada yang keberatan terhadap hasil yang telah ditetapkan, mereka bisa mengajukan gugatan perselisihan hasil pemilihan ke MK.

“Disana nanti kita lihat apakah ada register dari Kota Depok. Kalau misalnya tidak ada, maksimal lima hari kami akan menetapkan calon terpilih,” terangnya.

Ketika ditanya kenapa tidak langsung ditetapkan siapa calon wali-wakil wali kota terpilih, ini jawaban Nana.

“Aturannya seperti itu, tolong dibaca juga tahapan PKPU 5/2020 tentang jadwal, tahapan dan program, tolong didalami lagi,” katanya.

Sementara itu hasil hitung suara pemilihan wali-wakil wali kota Depok yang dirilis di dalam situs resmi KPU Kota Depok terungkap data yang masuk sudah mencapai 100 persen.

Dimana pasangan calon Mohammad Idris-Imam unggul dengan prosentase 55.6% dan Pardi-Afifah 44.4%. Pasangan Idris-Imam unggul di 10 kecamatan yakni Pancoran Mas, Cimanggis, Sawangan, Sukmajaya, Beji, Cipayung, Cilodong, Cinere, Tapos dan Bojongsari. Sementara pasangan Pradi-Afifah hanya unggul di satu kecamatan yakni Kecamatan Limo. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here