Meski Sudah Memasuki Masa Tenang, Tapi APK Masih Marak

30
ilustrasi

Cilodong | jurnaldepok.id
Memasuki masa tenang menjelang pencoblosan pada 9 Desember mendatang, Alat Peraga Kampanye (APK) masih banyak berdiri dan terpasang. Pantauan di lokasi, APK masih marak di jalan-jalan kampung seperti di Jalan Tambarehe, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong.

Lokasi lainnya di jalan pertigaan Boulevard Grand Depok City Kelurahan Tirtajaya, Kecamatam Sukmajaya. Bahkan APK masih terpampang di warung dan rumah relawan Paslon Walikota dan Wakil Walikota Depok. Ada juga APK dengan model atau desain surat suara pasangan calon dengan lengkap logo Pemkot Kota Depok yang masih terpasang di ruas jalan di Kota Depok. Tidak hanya itu APK berupa iklan paslon juga terpasang di media sosial.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Depok, Dede Slamet mengatakan, pihaknya sudah meminta Satpol PP mencopot alat peraga kampanye tersebut.

“Kami sudah melakukan pendataan dan merekomendasikan pada Satpol PP agar dicopot, karena ini kan menimbulkan keresahan. Jadi prinsipnya kalau kami bukan soal logo ya,” ujarnya, kemarin.

Dede, mengungkapkan, penertiban alat peraga kampanye akan dilihat dari design, lokasi pemasangan, dan ketentuan yang diberikan KPU. Pemasangan APK menggunakan logo KPU maupun Pemkot Depok dikembalikan kepada kedua lembaga tersebut.

“Terkait paslon sudah izin atau belum baik diperbolehkan atau tidak, ada di pihak lembaga atau instansi tersebut,”katanya.

Dede menuturkan, alat peraga kampanye yang melakukan pemasangan logo apabila KPU maupun Pemkot Depok tidak mengizinkan, dapat menyampaikan kepada paslon untuk tidak menggunakan logo. Bawaslu juga meminta kepada redaksi media untuk tidak memasang atau mempublikasikan gambar pasangan calon.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengungkapkan, pencatutan logo lembaganya pada spanduk paslon Pilkada sama sekali tidak diperkenankan.

“Sebenarnya gak boleh lah. Mereka main pasang-pasang saja, apalagi kan logo resmi kita. Kita akan tertibkan seluruh alat peraga kampanye dari masing-masing paslon,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here