Kapasitas Rumah Sakit Rujukan Covid 19 Capai 80 Persen

15
Gubernur Jabar saat mengunjungi Wisma Makara UI

Beji | jurnaldepok.id
Kapasitas pasien yang sudah mendapatkan penanganan di Rumah Sakit Rujukan Covid 19 sudah mencapai 80 persen.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat mengunjungi Wisma Makara Universitas Indonesia yang dijadikan lokasi isolasi mandiri pasien Covid 19 Orang Tanpa Gejala.

“Saya juga mengunjungi Makara, salah satu yang menurut saya paling bagus se-Jawa Barat dalam pengelolaan isolasi pasien yang rata-rata memang OTG tapi perlu observasi,” ujarnya, Rabu (2/12).

Dia menuturkan, terkait pasien OTG, kini Kementerian Kesehatan mengeluarkan peraturan baru yang mana bila selama 10 hari pasien yang menjalani isolasi tidak menunjukan gejala-gejala Covid-19, maka diizinkan untuk pulang.

“Nanti peraturan Kementerian Kesehatan yang baru kalau 10 hari enggak ada gejala itu boleh dipulangkan. Jadi tidak harus menunggu Swab PCR negatif, karena ada hal-hal teknis yang harus disesuaikan sehingga pasien-pasien baru yang tiap hari diumumkan bisa menempati ini dengan bergantian. Keterisian di Depok ada di rata-rata 80 persen, tadi disampaikan oleh Ibu Kadis, ini juga mewakili rata-rata se-Jawa Barat,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk pertama kalinya pekan ini daerah Bogor, Depok, dan Bekasi, tidak berada di zona merah Covid-19.

“Berita baik buat Bodebek, Minggu ini pertama kalinya tidak ada zona merah. Biasanya gantian kan Depok enggak tapi Bekasi, sekarang tidak,”katanya.

Ridwan Kamil menyayangkan bahwa Kota Bandung untuk pertama kalinya berstatus zona merah Covid-19.

“Pertama kalinya Kota Bandung juga menjadi zona merah sehingga saya mengimbau Minggu ini para wisatawan menahan diri dulu untuk tidak ke Bandung Raya, karena zonanya lagi merah sedang proses pengendalian yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Depok, Dedi Supandi, menuturkan, total hingga saat ini sudah ada 164 pasien yang menjalani isolasi mandiri di Wisma Makara UI.

“Dari total tersebut, sebanyak 57 diantaranya dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Makara UI juga jumlah total saat ini ada 164 (pasien) yang sudah masuk ke Makara UI dan terdapat 57 sembuh,” tandasnya.

Dari total yang ada, kondisi Wisma Makara UI saat ini hanya tinggal tersisa 28 pasien yang bisa dilakukan isolasi mandiri di sana. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here