KPU Gelar Sosialisasi Cara Mencoblos di TPS

23
Sosialisasi yang digelar oleh KPU Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada Depok 2020 berbeda dengan pelaksanaan Pilkada Depok sebelumnya.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, KPU Kota Depok melaksanakan kegiatan Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Depok 2020, serta Penggunaan Sirekap di TPS 11 RW 03 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

“Simulasi pencoblosan dan penghitungan suara sekaligus menunjukkan bagaimana menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Kegiatan ini dalam rangka memberikan pemahaman yang utuh kepada jajaran penyelenggara yakni KPPS. Kami ingin memastikan seluruh jajaran kami memahami alur dan mekanisme pemilihan yang akan dilakukan, mengingat pilkada yang kita laksanakan tahun ini di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya, kemarin.

Terkait Covid-19, Nana memberikan pemahaman dan mensosialisasikan penerapan hal baru di TPS.

“Penerapan protokol kesehatan di TPS menjadi sangat penting,” katanya.

Nana merincikan, prokes yang akan diterapkan di TPS nanti diantaranya jumlah pemilih dibatasi maksimal 500/TPS, seluruh Petugas KPPS dan Petugas Ketertiban akan dilaksanakan rapid test terlebih dahulu sebelum bekerja.

Kemudian, lanjut Nana, surat pemberitahuan memilih akan mengatur jadwal kedatangan pemilih ke TPS, sebelum TPS dibuka dan dimulai akan disemprotkan disinfektan terlebih dahulu dan selalu didisinfeksi secara berkala.

“Area lokasi TPS diatur jarak minimal 1 meter, setiap pemilih sebelum masuk lokasi TPS akan dicek suhu tubuh dan diperintahkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan diberikan sarung tangan sekali pakai, pemilih yang tidak menggunakan masker akan diberikan masker serta penggunaan tinta dengan cara diteteskan,” jelasnya.

Sementara itu Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah menambahkan, jajarannya sudah siap mengamankan pelaksanaan Pilkada Depok 2020. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here