Bakal Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Covid 19, Makara UI Mulai Dimitigasi

91
Petugas saat melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan UI

Beji | jurnaldepok.id
Wisma Makara UI yang rencananya akan dijadikan lokasi isolasi pasien Covid 19 mulai dilakukan mitigasi berupa penyemprotan cairan disinfektan.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Depok, Denny Romulo mengatakan, pihaknya mulai melakukan mitigasi berupa penyemprotan cairan disinfektan di Wisma Makara Universitas Indonesia.

Pelaksanaan sterilisasi pada bagian luar dan dalam Wisma Makara UI ini merupakan perintah langsung dari Deputi 3 BNPB, Dody Ruswandi.

“Rencananya Wisma Makara UI ini akan digunakan sebagai tempat isolasi terpusat orang tanpa gejala (OTG) Kota Depok,” ujarnya, kemarin.

Meski demikian, lanjut Denny, administrasi penggunaan Wisma Makara UI sebagai isolasi terpusat bagi pasien OTG Kota Depok itu, masih dalam proses.

“Administrasinya untuk itu masih berproses, jadi dilakukan secara paralel, sambil menunggu itu, kami berterima kasih kepada manajemen Wisma Makara UI yang mengizinkan kami melakukan sterilisasi,” katanya.

Dibagian lain, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 (GTPPC) Kota Depok telah melakukan pengarahan kepada karyawan Wisma Makara UI cara melakukan protokol kesehatan untuk pasien OTG.

“Saat ini kami juga sedang menunggu persiapan tenaga kesehatan (nakes) yang nanti bertugas di Wisma Makara UI. Semoga ini bisa cepat terlaksana dan bisa segera menampung pasien OTG di Kota Depok,” paparnya.

Masih dilokasi yang sama, Manajemen Wisma Makara UI, Erick A Soyer menuturkan, pihaknya sudah siap menampung pasien gejala ringan (OTG). Adapun daya tampung Wisma Makara UI sebanyak 120 tempat tidur.

“Jumlah kamar 120 tempat tidur. Kami sudah siap, kami sudah melakukan simulasi bersama Dinas Kesehatan Kota Depok, kemudian dengan BNPB berupa pelatihan-pelatihan dan SOP dari Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) UI,” tutur Erik.

Untuk sterilisasi, DPKP Kota Depok mengerahkan dua unit mobil komando, satu unit motor Covid-19 dan tiga unit mesin fogger dengan jumlah personel yang bertugas sebanyak delapan orang. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here