Tak Ingin Jumlah Pemilih Anjlok, KPU Kejar Target

121
Nana Shobarna

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok terus menggenjot dan kejar target agar mencapai 77,5 persen partisipasi masyarakat dalam Pilkada Depok, 9 Desember 2020.

“Kami terus menggenjot atau mengejar target partisipasi masyarakat Kota Depok untuk menggunakan hak pilihnya sekitar 77,5 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.229.362 orang di 11 kecamatan,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok, kemarin

Dengan waktu yang semakin dekat, sambungnya, KPU terus menggenjot dan mempersiapkan sejumlah tahapan agar pelaksanaan pilkada serentak sesuai yang diharapkan seluruh lapisan masyarakat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali sesuai protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Selain mempersiapkan tahapan pelaksanaan pilkada serentak, kata dia, pihaknya kini juga tengah mempersiapkan kelengkapan logistik yang beberapa hari lalu telah tiba di gudang logistik Cimanggis, Kota Depok.

Bahkan, sosialisasi terus dilakukan ke masyarakat baik langsung maupun online agar mereka tidak perlu khawatir datang ke TPS yang telah disiapkan petugas di lingkungan rumahnya atau tempat lain.

“Sekarang ini kami juga tengah melakukan tahapan rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang kemudian akan dilihat dari kesiapan sumber daya manusia petugas KPPS tersebut, agar saat pelaksanaan pilkada serentak berjalan sesuai harapan maayarakat banyak,”katanya.

Pasalnya, lanjutnya, petugas KPPS itu harus memahami dan mengerti penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) yang akan dipergunakan dalam proses penghitungan suara di TPS 9 Desember 2020 yang akan datang.

“Untuk itulah kegiatan bimbingan teknologi kepada petugas KPPS dan sosialisasi terus kami lakukan baik luring maupun daring guna memastikan petugas KPPS mampu mengoperasikan aplikasi tersebut,” paparnya.

Sementara kotak suara sebanyak 4.049 yang telah dikirim dari penyedia dari daerah Bekasi sedang dalam perakitan.

“Alhamdulillah menjelang 9 Desember, kami telah menerima kedatangan logistik perdana yang tiba di gudang. Seluruh logistik berupa kotak suara kita simpan di gudang Kubik Logistik Kelurahan Tugu Cimanggis,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya kebocoran dan hal-hal lain yang dapat merusak logistik tersebut, mengingat saat ini musim hujan, pihaknyapun tetap mengantisipasi dengan menutupi logistik menggunakan plastik.

“Sejak jauh-jauh hari kami telah mempersiapkan gudang logistik pemilihan secara baik, agar pada saatnya tiba logistik tersebut seperti hari ini tiba kotak suara kita sudah siap. Kami juga sudah memastikan agar logistik yang sudah masuk di gudang ini terjaga dan terawat dengan baik.”katanya.

Kedatangan logistik tersebut turut diawasi Bawaslu Depok untuk memastikan agar logistik yang diterima KPU Depok sesuai kebutuhan, tepat waktu dan tepat jumlah.

“Kami berharap, sejak dari saat ini akan terus berdatangan kemudian hari logistik pemilihan yang akan digunakan nanti dan tentunya pengelolaan logistik ini serta sampai nanti pendistribusian logistik senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here