Usai Libur Panjang, Warga Diimbau Rapid dan Swab Test

30
Salah seorang saat menjalani Swab test

Margonda | jurnaldepok.id
Warga Kota Depok yang selesai melakukan perjalanan ke keluar kota dimasa libur panjang atau long weekend diimbau untuk melakukan rapid tes dan Swab PCR.

“Agar dilakukan test PCR atau Rapid test atau menyesuaikan dengan aturan moda transportasi yang berlaku untuk memastikan pelaku perjalanan bebas Covid-19 demi melindungi orang lain termasuk keluarga di perjalanan ataupun orang di tempat yang dikunjungi,” ujar Pjs Wali Kota Depok, Dedi Supandi, kemarin.

Ia mengatakan, jika positif agar segera melaksanakan isolasi mandiri atau karantina di fasilitas yang telah disiapkan pemerintah.

Dedi menegaskan, pihaknya juga telah mengidentifikasi tempat wisata yang menjadi sasaran liburan, dan memastikan penerapan protokol kesehatan di tempat wisata tersebut benar-benar diterapkan secara ketat.

“Memastikan tidak ada kerumunan yang menyebabkan tidak bisa jaga jarak, membatasi jumlah wisatawan sampai dengan 50 persen,” paparnya.

Dedi mengatakan, Pemkot Depok memperpanjang pembatasan jam operasional pusat perbelanjaan hingga 14 November 2020. Selain itu, aktivitas warga juga masih dibatasi.

“Perpanjangan kedua ini berlaku mulai 1 November hingga 14 November 2020 dan dapat diperpanjang seusai dengan rekomendasi Satgas Tugas Penanganan Covid-19,” katanya.

Dalam surat keputusannya bernomor 443/403/Kpts/Dinkes/Huk/2020 tentang Perpanjangan Pembatasan Kegiatan Usaha Restoran, Kafe, Rumah Makan, Warung, dan Usaha Sejenis.

Dalam surat tersebut dinyatakan, bagi kegiatan usaha yang masuk dalam Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS) Covid-19, tidak melayani pengunjung dengan makan di tempat dan pelayanan hanya diperkenankan dengan dibawa pulang, untuk jam operasional hanya sampai pukul 21.00 WIB.

“Bagi lokasi yang di luar PSKS, melayani makan di tempat sampai pukul 18.00 WIB, serta untuk pelayanan bawa pulang sampai pukul 21.00 WIB,” jelasnya.

Sebelumnya Pemerintah Kota Depok memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan sosial kegiatan usaha (PSKU) serta pembatasan jam operasional pelaku usaha dan aktivitas warga sampai 14 November 2020 untuk yang kedua kalinya.

Sebelumnya, pembatasan jam operasional tempat usaha tersebut berlaku mulai 18 Oktober sampai 31 Oktober 2020. Namun saat ini diperpanjang kembali selama 14 hari. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here