Catat, Hari ini Operasi Zebra Dimulai di Wilayah Depok

1006
Aparat kepolisian saat mensosialisasikan operasi zebra kepada pengguna jalan

Margonda | jurnaldepok.id
Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Senin (26/10) akan melaksanakan Operasi Zebra 2020 di sejumlah ruas jalan.

Kanit Keamanan Keselamatan (Kamsel) Satlantas Polrestro Depok, AKP Elly Pandiansari kepada wartawan mengatakan, menjelang pelaksanaan Operasi Zebra dirinya bersama anggota membagikan brosur Operasi Zebra 2020 ke pengendara bermotor di Jalan Simpang Juanda-Margonda, Kemiri Muka, Beji.

“Pelaksanaan Operasi Zebra 2020 akan dilaksanakan selama dua pekan mulai Senin (26/10/2020) hingga Jumat (6/11/2020). Tujuan dilaksanakan operasi ini adalah meningkatkan disiplin dan tertib berlalu lintas,” ujarnya, kemarin.

Operasi Zebra ini, kata dia, sifatnya simpatik atau operasi kemanusiaan, karena kegiatan untuk meningkatkan ketertiban lalu lintas masyarakat di tengah pandemi.

“Mencegah kecelakaan lalu lintas, mencegah antrean kendaraan dan kerumunan massa. Serta meningkatkan kepatuhan mematuhi prokes bagi tidak memakai masker dan menjaga jarak,” paparnya.

Elly menambahkan, dalam operasi itu pihaknya tidak langsung menindak, namun ditegur melalui upaya preemtif, preventif dan juga persuasif.

“Operasi yang digelar ini tetap mengedepankan upaya-upaya edukasi dan penerangan serta membangun kesadaran masyarakat berlalu lintas dan menatuhi prokes. Itulah bentuk tindakan kemanusiaan,” paparnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polrestro Depok, Kompol Andi Muhamad Indra Waspada mengimbau masyarakat untuk tertib berlalu lintas di jalan. Dalam pelaksanaan Operasi Zebra, pihak kepolisian akan lebih banyak melakukan tindakan preemtif dan preventif.

Pelanggar yang membuat atau membahayakan pengendara lain akan ditindak, ada tiga jenis pelanggaran yang menjadi sasaran utama dalam pelanggaran itu.

“Operasi Zebra ini lebih kedepankan upaya persuasif dan preemtif. Masa pandemi corona ini khususnya dalam menghadapi libur panjang pengendara dapat mematuhi juga protokol kesehatan khususnya 3M yakni menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker,” tandasnya.

Untuk itu, bagi pengendara yang akan berpergian jangan lupa cek masa berlakunya SIM anda, apabila sudah mendekati masa kadarluarsa, ada baiknya untuk segera diperpanjang.

Operasi Zebra dilaksanakan bertujuan mengurangi jumlah pelanggaran dan kecelakaan lali lintas di jalan raya, di samping untuk menurunkan lokasi-lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik di wilayah masing-masing.

“Lalu tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara preemptif, preventif, persuasif juga humanis. Diharapkan terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lantas yang aman dan nyaman selama pelaksanaan Operasi Zebra,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here