Anak Pengajian Peringati Hari Santri Nasional

25
Terlihat bocah pengajian saat melakukan aksi jalan kaki dalam rangka memeringati hari santri

Tapos | jurnaldepok.id
Sejumlah murid pengajian di Kecamatan Tapos, Kota Depok, memperingati hari santri dengan cara berjalan kaki sambil bersalawat.

Belasan murid pengajian ini nampak bersemangat berjalan kaki membawa bendera Merah Putih, mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lainnya.

Wildan, guru ngaji dari belasan bocah ini, menegaskan, kegiatan jalan kaki sambil bersalawat ini dalam rangka memperingati hari santri dunia yang diteken oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015 silam.

“Ini dalam rangka memperingati hari santri. Jumlahnya ada 17 anak, mereka semua ini murid ngaji saya,” ujarnya, Kamis (22/10).

Wildan menuturkan, aksi jalan kaki ini hanya berlangsung sebentar dan mengitari Kelurahan Tapos.

“Hanya sebentar saja cuma mutar lewat Perumahan Arkadia, terus kembali ke tempat ngaji,” paparnya.

Lanjut Wildan, tujuan dari jalan kaki sambil bersalawat ini untuk menggugah masyarakat bahwa hari ini merupaka hari santri.

“Banyak masyarakat yang belum tahu, jadi dengan kegiatan ini kami harapkan masyarakat yang melihatnya jadi tahu bahwa sekarang hari santri,”katanya.

Sementara itu dalam menyambut Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap 22 Oktober, Pemerintah Kota Depok mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) menggunakan pakaian muslim.

Keputusan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Wali Kota Depok Nomor 003/511-Huk/Kesos.
Selain SE Wali Kota, perayaan HSN juga dikuatkan oleh dua surat lainnya. Yaitu Surat Edaran Menteri Agama Nomor 43 Tahun 2020 dan Surat Edaran Gubernur Jabar Nomor 0033/169/Yanbangsos.

“Disampaikan dalam menyambut HSN agar seluruh ASN mengenakan pakaian muslim,” kata Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Depok, Dedi Supandi melalui SE tersebut, kemarin.

Dikatakannya, yaitu memakai peci nasional, pakaian atasan koko, dan bawahan sarung bagi laki-laki. Sementara untuk perempuannya, imbuhnya, mengenakan pakaian muslimah.

“Mudah-mudahan dengan merayakan HSN ini, berdampak positif dalam meningkatkan aspek religiusitas warga, khususnya ASN Kota Depok,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here