Atasi Banjir ARH, Gubernur Janji Turunkan Alat Berat Pindad

27
Gubernur Jawa Barat saat meninjau titik banjir di ARH

Beji | jurnaldepok.id
Propinsi Jawa Barat akan menurunkan dan menghibahkan alat berat dari Pindad sebagai langkah mengantisipasi banjir yang sudah puluhan tahun terjadi di Jalan Arif Rahman Hakim, Kecamatan Beji.

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat meninjau saluran air di Jalan Arif Rahman Hakim salah satu pemicu banjir di lokasi tersebut. Selain meninjau saluran air, Ridwan Kamil juga meninjau Situ Rawa Besar di Kecamatan Pancoran Mas dan Situ Pladen Kecamatan Beji.

Dia mengatakan, kalau masalah banjir seperti di Jalan Arif Rahman Hakim jangka pendeknya dengan cara menggunakan alat berat untuk mengeruk sampah yang mengendap di saluran tersebut.

“Kalau banjir solusi jangka pendek saya ambil alat untuk keruk sampah yang melintas, karena kalau dbongkar nggak mungin, kalau orang nyelam juga ngga mungkin. Salah satu cara yang dicarikan dengan menggunakan alat mengangkut sampah. Saya ngebor, mungkin ada alat dari PT Pindad Bandung nanti saya hibahkan kalau alatnya ada,” ujarnya, kemarin.

Di lokasi Ridwan Kamil menemukan adanya penyempitan saluran air.

“Air ngga bisa dibohongi, mau gimana juga kalau dia dicintai juga balik mencitai, kalau dibungkam airnya marah. Kira-kira ada penyempitan disana, jangka pendek sudah perintahkan kerjakan saja, kalau masih bicara kewenangan nanti panjang lagi keburu hujan lagi, jadi dilakukan pengerukan sampah di saluran air,” paparnya.

Sementara itu, salah satu warga Suryadi mengapresiasi kedatangan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang melihat langsung saluran air.

Dia mengatakan, saluran air tersebut kerap meluber hingga menggenangi Jalan Arif Rahman Hakim sehingga jalan tertutup air.

“Kebanyakan akibat sempitnya saluran air atau anak kali hingga tak mampu menampung curah air hujan,” ungkapnya.

Suryadi menambahkan, banjir di Arif Rahman Hakim sudah terjadi puluhan tahun lalu hingga sekarang belum bisa diatasi.

“Dengan kehadiran Pak Gubernur kami warga berharap banjir di Jalan Arif Rahman Hakim bisa diatasi dan jalan ARH zero banjir,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here