Keren…Miliki Mesin Baru, Kapasitas Layanan Labkesda Kota Depok Meningkat

58
Wali Kota Depok saat meninjau aktivitas di Labkesda beberapa waktu lalu (foto:Diskominfo)

Cimanggis | jurnaldepok.id
Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Pemerintah Kota Depok terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tak hanya pelayanan yang bersifat personal, Labkesda kini meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana.

“Saat ini telah ditambah kapasitas mesin ekstraksi, jadi saat ini jumlah layanan PCR yang kami periksa naik. Semula kapasitasnya 188 saat ini telah mencapai 234,” ujar dr. Herliana, Kepala UPT Labkesda Kota Depok kepada jurnaldepok.id, Jumat (2/10).

Ia menambahkan, saat ini Labkesda Kota Depok belum dibuka 24 jam, akan tetapi baru bisa hingga pukul 16.00 WIB.

Selain itu, sambungnya, saat ini Pemeriksaan Mutu Eksternal (PME) Labkesda Kota Depok sudah keluar dari Kementerian Kesehatan.

“PME itu merupakan jaminan mutu bahwa tes kami itu benar dan hasilnya 100 persen. Artinya hasil yang kami miliki itu valid. Istilahnya dikroscek, kalau di Labkesda ini hasilnya positif covid maka di PME juga hasilnya positif, begitu juga sebaliknya, diuji ulang disana,” paparnya.

Dalam sehari, sambungnya, Labkesda Kota Depok bisa melakukan 334 spesimen yang masuk dengan tanpa dipungut biaya alias gratis.

Sebagai gambaran, dengan adanya mesin baru kapasitas layanan bisa naik mencapai 128/batch jadi total 256 sampel ektraksi. Sementara untuk PCR sudah bisa tiga siklus yang artinya bisa meningkatkan kapasitas Labkesda menjadi 234 sample PCR. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here