Dampak Tujuh Rumah Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 2 Miliar

17
Terlihat kobaran api yang menghanguskan tujuh rumah di wilayah Pancoran Mas

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Kebakaran yang melanda tujuh rumah di Jalan Jambu VII RW 01 Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, pada Minggu (20/9) mengalami kerugian mencapai kurang lebih Rp 2 miliar.

Salah satu warga setempat, Zaki Rizki mengatakan, saat itu ia sedang main komputer di dalam rumahnya. Namun ia mencium bau kabel terbakar, lalu memberitahu kepada orang tua dan warga lainnya kemudian mencari asal bau kabel terbakar tersebut di dalam rumah.

Karena tidak ketemu, kemudian dirinya dan warga lainnya keluar rumah dan melihat kepulan asap dari atas atap rumah nomor 42 yang saat itu kosong ditinggal penghuninya ke pasar.

“Kemudian warga lainnya memberitahu warga lainnya bahwa ada asap diatas atap rumah nomor 42,” ujarnya

Warga lain pun langsung memanjat ke atas untuk mengetahui asal asap.

Setelah sampai di atas, dilihat api dari dalam rumah sudah membesar, kemudian para saksi di bantu warga berupaya memadamkam api.

“Namun api semakin membesar hingga merembet rumah sebelah kanan kirinya. Kemudian ketua RT setempat menghubungi dinas Damkar Kota Depok. Diduga api berasal dari konseleting listrik dari rumah korban Herman rumah No.42 yang saat itu kosong di tinggal dagang ke pasar,” paparnya.

Kepala Seksi Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati di lokasi kejadian menambahkan, ada sekitar 10 unit mobil pemadam dikerahkan untuk memadamkan api.

“Pos dari pos Merdeka dua unit, dari Mako empat unit, Bojongsari satu unit, Cipayung satu unit dan Cinere satu unit. Petugas berupaya memadamkan api agar tidak lebih luas merambat. Saksi bernama Zaki mencium bau kabel terbakar sekitar pukul 06.30 WIB. Namun ketika dicari tidak ketahuan sumbernya,” ucapnya.

Saksi Zaki kemudian memberitahu orang tuanya. Dan orang tua Zaki pun mencari asal bau kabel terbakar di dalam rumah.

“Karena tidak ketemu, kemudian para saksi keluar rumah dan melihat kepulan asap dari atas atap rumah nomor 42. Mereka kemudian memberitahu tetangga sebelah rumah. Ketika dilihat dari bagian atas, ternyata kepulan asap sudah besar. Saksi melihat dari bagian atas rumahnya,” jelasnya.

Sayangnya api tak kunjung padam. Warga kemudian melapor ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

“Kobaran api dapat dipadamkan oleh anggota kami di lokasi kejadian. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Hanya saja kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 2 miliar,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here