Pendiri Taman Baca Kedaung Sabet Juara II di Ajang Kompetisi Literasi Nasional

96
Baldan Fatullah

Laporan: Rahmat Tarmuji
Pendiri Taman Baca Kedaung, Baldan Fathullah mendapat penghargaan juara II mewakili Kota Depok dalam acara Kompetisi Literasi Nasional dalam rangka memeriahkan Hari Aksara Internasional 2020 yang digelar lembaga Dompet Dhuafa.

Penghargaan diraih setelah Baldan menuliskan naskah berjudul “Kontribusiku untuk Peningkatan Literasi” dan bersaing dengan penulis di berbagai daerah.

Dijelaskan Baldan, penulis terbaik tingkat nasional untuk Juara I diraih oleh Duta Gemari Baca, juara II Kota Depok dan Juara III Kabupaten Sukabumi.

“Apresiasi yang datang bukan lantaran gerakan ini besar, namun spirit yang ada dan karena pentingnya literasi bagi kehidupan. Bisa dibayangkan, mana mungkin bisa dikatakan besar, gerakan ini hanya diinisiasi oleh segelintir pemuda dengan fasilitas yang seadanya,” ujar Baldan kepada Jurnal Depok, kemarin.

Tulisan dan karya ini, kata dia, sebagai bagian dari kreasi, inovasi pada masa pandemi Covid-19. Dikatakannya, Taman Baca Kedaung siap membuka diri sebagai ruang publik yang mewadahi kreasi, inovasi dan inspirasi untuk berbagi sekaligus upaya mendukung tercapainya program Pemerintah Kota Depok sebagai kota layak anak, terutama pada Klaster 4, perlindungan anak terhadap hak pendidikan, pemanfaatan waktu dan kegiatan budaya.

“Adapun kenapa literasi kami pilih sebagai fokus utama jalan gerakan, karena literasi kami yakini adalah modal hidup untuk menghadapi jaman yang terus bergerak. Hal lainnya, kami paham bahwa pembangunan fisik yang diidam-idamkan dan dikejar oleh banyak orang harus diimbangi dengan pembangunan pikiran melalui berbagai ruang pendidikan, termasuk ruang pendidikan alternatif seperti yang kami lakukan,” jelasnya

Ketua TP PKK Kota Depok, Hj Elly Farida yang juga dinobatkan sebagai Bunda Literasi Kota Depok mengapresiasi atas kiprah dan terobosan Baldan.

“Ia selalu mendukung pemerintah terutama menumbuhkembangkan budaya literasi. Semoga kedepannya terjalin kerjasama yang kuat demi meningkatnya gerakan literasi di Kota Depok,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here