Puluhan Pengendara dan Pengguna Jalan Terjaring Razia Masker

15
Petugas saat melakukan pendataan terhadap pengguna jalan yang tak memakai masker

Limo | jurnaldepok.id
Meskipun sosialisasi penggunaan masker saat berkendaraan sudah lama dicanangkan oleh Pemerintah dalam hal ini Satgas Percepatan Penanganan Covid 19, namun ternyata masih banyak warga yang belum juga mematuhi imbauan tersebut dengan berbagai alasan.

Fenomena itu terjadi saat pelaksanaan Razia Masker yang diselenggarakan oleh Tim Terpadu Satgas Covid 19, di perempatan Jalan Grogol, tepatnya depan Puskesmas Limo.

Kepada Jurnal Depok, pimpinan Razia Masker dari unsur Satpol PP Kota Depok, Heru Triyanto mengatakan, pada umumnya pengendara yang terjaring Razia merupakan warga masyarakat yang berada tidak jauh dari lokasi razia, hal itu dapat dilihat dari KTP para pelanggar.

“Umumnya para pelanggar memang pengendara yang tinggal di Grogol dan sekitarnya, mereka berdalih tidak memakai masker karena hanya keluar sebentar untuk suatu keperluan, tapi tetap kami proses dan beri sanksi, baik sanksi sosial maupun sanksi administrasi atau tilang denda Rp 50 ribu,” ujar Heru kepada Jurnal Depok, kemarin.

Disisi lain, Nusin anggota Satpol PP Kecamatan Limo yang ikut bergabung dalam tim razia masker diperempatan Grogol mengaku prihatin lantaran masih banyak warga yang tidak disiplin bahkan mengabaikan ketentuan protokol kesehatan.

“Saya bingung, kalau ditanya semua menjawab tahu soal keharusan memakai masker jika berada diluar rumah apalagi saat membawa kendaraan, tapi anehnya banyak yang masih tidak patuh,” ujar Nusin, kemarin.

Dikatakan Nusin, pelaksanaan Razia Masker bukan untuk kepentingan petugas atau aparatur, namun lebih untuk kepentingan masyarakat agar tidak terkena Covid.

“Sebenarnya ini buat masyarakat, agar jangan terkena Covid, tapi kadang orang orang salah persepsi dan merasa seolah kegiatan razia tidak penting dan mengganggu kenyamanan pengendara,” tukas Nusin.

Disisi lain, anggota Tramtibum Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, M. Cholid mengapresiasi pelaksanaan Razia Masker diwilayah Kelurahan Grogol.

“Bagus biar pengendara pada patuh, dan yang enggak patuh kena sanksi,” tutup Cholid. n Asti Ediwan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here