Pasien Covid 19 Meningkat, Kapasitas RSUI Lampaui 80 Persen

87
Petugas rumah sakit saat menangani pasien

Beji | jurnaldepok.id
Kapasitas pasien terkonfirmasi positif Covid 19 di sejumlah Rumah Sakit di Kota Depok mulai penuh atau mencapai batas maksimalnya. Salah satu Rumah Sakit yang nyaris batas maksimalnya adalah Rumah Sakit Universitas Indonesia di Kecamatan Beji.

Humas RS UI, Kinanti, mengatakan, saat ini jumlah kapasitas pasien sudah lebih dari 80 persen.

“Dapat kami infokan, saat ini sudah di atas 80 persen,” kata Kinanti dalam pesan tertulisnya dikonfirmasi wartawan, kemarin.

Kinanti menjelaskan, setiap hari jumlah permintaan pasien Covid 19 yang masuk bisa mencapai 30 hingga 50 orang.

Namun, pihaknya hanya bisa menerima lima hingga 10 pasien per-harinya.

“Permintaan bisa 30 sampai 50 per-hari, tapi kami hanya bisa terima lima sampai 10 per-hari. Tergantung kondisi pasien klinisnya,”katanya.

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengumumkan, kapasitas 19 RS rujukan pasien Covid-19 sudah hampir penuh diatas 80 persen.

“Keadaan lebih darurat ditemui pada ketersediaan ICU dan HCU sebagai ruang perawatan pasien Covid 19 bergejala berat. Semuanya sudah penuh,” ungkapnya.

Menurut Idris, untuk mencari jalan keluar, pihaknya sedang berusaha menjadikan hotel-hotel di Kota Depok sebagai tempat isolasi pasien positif Covid 19 tak bergejala.

Untuk itu, lanjut Idris, pihaknya meminta para pasien positif tanpa gejala Covid 19 melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Kami sarankan pasien positif tanpa gejala lakukan isolasi mandiri di rumah. Kami juga sudah menambah satu RS rujukan yakni RS Citra Medika Cilodong untuk merawat pasien positif Covid-19 bergejala dan tidak bergejala dengan kapasitas 70 persen,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here