KPU Batasi Waktu Pendaftaran Balon Wali Kota, Maksimal Satu Jam

74
Nana Shobarna

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan umum (KPU) Kota Depok tengah mempersiapkan kedatangan bakal pasangan calon wali-wakil wali kota Depok yang akan mendaftar hari ini, Jumat (4/9).

Namun begitu, KPU enggan bermala-lama untuk menerima kedatangan bakal pasangan calon mengingat suasana masih dalam pandemi Covid 19.

“Semua sudah kami atur terkait mekanisme dan alurnya, kami juga sudah bicarakan itu kepada LO dan parpol pengusung, termasuk steakholder terkait. In Sya Allah semua berjalan dengan baik, saat ini kami sedang lakukan rakor kesiapan dengan stakeholder,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Depok, Kamis (3/9).

Teknisnya, kata dia, ketika bakal pasangan calon dan rombongan masuk dari pagar utama sudah harus melakukan protocol kesehatan seperti cek suhu tubuh dan cuci tangan.

“Setelah itu mereka registrasi dan masuk kedalam ruangan, kami terima dan periksa berkas. Setelah rampung kami akan gelar konfrensi pers yang dilakukan oleh kami (KPU,red) dan pasangan calon,” paparnya.

Untuk mempersingkat waktu karena masih di kondisi pandemi Covid 19, pihaknya tidak menginginkan untuk berlama-lama.

“Estimasi waktunya kami tak ingin lebih dari satu jam dari awal sampai akhir,” katanya.

Untuk pasangan yang telah melakukan konfirmasi pendaftaran di hari pertama, Jumat (4/9) hari ini yakni pasangan bakal calon Pradi Supriatna-Afifah Alia.

“Kedatangan mereka sesuai konfirmasi pukul 13.30 WIB,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pengamanan dan berapa orang yang harus masuk ke dalam ruangan (Ring 1) yakni hanya bakal pasangan calon dengan pendampingnya (istri-suami), LO pasangan calon dua orang dan parpol pengusung masing-masing dua orang.

“Parpol pengusung yang memiliki kursi di parlemen, sementara partai pendukung tidak boleh masuk. Yang juga boleh masuk namun hanya sampai di halaman (Ring 2), itu hanya masing-masing LO parpol pengusung satu orang,” ungkapnya.

Ditegaskannya, bagi yang masuk ke ring satu maupun ring dua akan dibekali id card khusus yang sudah disiapkan.

“Jadi yang tidak berkepentingan mohon maaf tidak boleh masuk. Setelah pemeriksaan berkas selesai maka akan dilakukan konfrensi pers. Prinsip kami Ikan Sepat, Ikan Gabus, makin cepat makin bagus. SDM kami juga sudah siap, kami juga akan gelar apel kesiapan besok pagi (hari ini,red),” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here