Bamus Ormas dan LSM Nyatakan Netral di Pilkada Depok

122
Prosesi pelantikan Bamus Ormas dan LSM Kota Depok

Beji | jurnaldepok.id
Bamus Organisasi Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kota Depok bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada Depok 2020.

Demikian dikatakan Dewan Penasehat Bamus Ormas dan LSM se Kota Depok, Kombes (Purn) Dramayadi saat kegiatan Deklarasi Bamus Ormas dan LSM, Rabu(2/9) di Taman Komunitas Kampung Kita Depok (K3D), Kecamatan Beji.

“Pembentukan Bamus ini merupakan keinginan rekan Ormas dan LSM bersatu dapat bergabung supaya terlihat rapih dalam upaya membangun Kota Depok. Selain itu selama pengalaman tugas dinas di Polrestro Depok mengetahui betul situasi kondisi Ormas maupun LSM di Depok,” ujar Dramayadi kepada Jurnal Depok, Rabu (2/9).

Sebanyak 18 anggota kepengurusan Bamus masa bakti 2020 – 2023, lanjut Dramayadi, organisasi yang dibentuknya tersebut sudah mendapat surat legalitasi langsung dari Kemenkumham RI pada 7 Agustus 2020 Bamus dan resmi terdaftar di pemerintah.

“Kami Bamus Ormas dan LSM Depok belum menentukan sikap dukung calon walikota dan wakil walikota Depok di Pilkada Depok 2020,”katanya.

Dia beralasan belum memberikan dukungan kepada calon Walikota dan Wakil Walikota Depok karena mereka belum memaparkan visi dan misinya kepada masyarakat umum.

“Lah misi dan visi nya aja mereka belum ada, gimana kami mau dukungnya di pilkada. Jika para calon Walikota dan Wakil Walikota Depok sudah memiliki misi dan visi yang sama dengan Bamus, maka akan dibicarakan lagi dengan jajaran Bamus untuk memberikan dukungannya,” jelasnya.

Dikatakannya, Bamus organisasi resmi siap mensukseskan Pilkada 2020 berjalan aman dan kondusif.

“Pasti Bamus tetap netral pilkada, namun diluar organisasi Ormas maupun LSM jika mau berpolitik bebas, namun tetap profesional dan sesuai aturan,”ungkapnya.

Dia menambahkan, semua ormas, LSM di Kota Depok sepatutnya untuk mengetahui porsi masing- masing dalam upaya membangun wilayah Kota Depok dengan aturan yang jelas.

Pengurus Bamus Ormas LSM lainnya, Sungkowo Pujodinomo menegaskan pembentukan Bamus ini tidak ada kaitannya dengan politik.

“Bamus kami bentuk dan deklrasi engak ada kaitannya dengan Pilkada Depok,” tandasnya.

Pembentukan Bamus ini dibentuk sebagai upaya mensamakan pandangan Ormas dan LSM untuk membangun wilayah Kota Depok.

Sementara itu terpilih menjadi Ketua Panitia Bamus, H Nawih menambahkan, dalam kepengurusan anggota baru dilantik dìharapkan dapat menjaga sinergitas mengupayakan aman dalam Pilkada.

“Dengan ada Bamus ini yang tadinya semerawut bisa menjadi tertata dan Depok dapat lebih aman,”kata Nawih yang juga menjabat Ketua FBR Bogor Raya dan Depok.

Terpisah Kasat Binmas Polrestro Depok, Kompol Lindang Lumban Tungkup Nainggolan menambahkan, sebagai mitra Ormas maupun LSM dapat menjaga sinergitas dalam menjaga keamanan menjelang Pilkada 2020.

Selain itu juga bersama-sama mendisiplinkan diri dalam penerapan protokol kesehatan Covid-19 berupa 3 M yaitu Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here