Tak Punya SK Dukungan DPP, Parpol Tak Bisa Mendaftar dan Mengusung Pasangan Calon

125
Nana Shobarna

Margonda | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok akan memberlakukan aturan ketat terhadap partai politik terkait usung mengusung bakal calon wali-wakil wali kota Depok pada pendaftaran 4-6 September mendatang.

“Partai pengusung adalah partai yang memenuhi syarat pencalonan yakni adanya Surat Keputusan (SK) dari DPP partai. Di situ jelas SK DPP yang ditandatangani oleh ketua umum dan sekjen nya dan wajib dipenuhi. Jadi kalau tidak ada itu dari DPP maka tidak kami perkenankan untuk ikut masuk ke dalam dan mendaftar,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Depok, kemarin.

Pihaknya, kata dia, ingin memastikan bahwa partai politik yang nanti mendampingi bakal pasangan calon masuk mendaftar adalah parpol pengusung yang telah memenuhi syarat, salah satunya ada SK dari DPP partai.

“Nantinya banyak berkas-berkas terkait persyaratan pencalonan salah satunya tanda tangan ketua dan sekretaris parpol pengusung di tingkat kota, itu menjadi salah satu persyaratan juga,” paparnya.

Dikatakannya, hal itu telah disampaikan sejak jauh-jauh hari kepada parpol untuk betul-betul mempersiapkan persyaratan pencalonan maupun persyaratan calon.

“Jika ada parpol yang belum mendapatkan SK DPP partai namun pasangan calon yang bakal diusungnya sudah mendaftar ke KPU, itu dipastikan tidak bisa. Kami on the track, sudah tidak bisa dan tidak ada lagi tawar menawar, telat sedikit ya sudah, berarti parpol tersebut bukan sebagai parpol pengusung melainkan parpol pendukung,” tegasnya.

Dari itu Nana berharap, sejak dini partai politik betul-betul bisa melakukan konsolidasi sejak jauh-jauh hari sehingga pada saat pendaftaran sudah tidak ada lagi persoalan baik terkait admistrasi maupun dukungan.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pendaftaran nanti, pihaknya juga telah melakukan rapat dengan aparat kepolisian.

“Kami juga sudah menggelar rapat kesiapan dengan pihak kepolisian terkait keamanan pada saat pendaftaran nanti,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here