Mengabdi Kepada Masyarakat, PNJ Bantu Sekolah Wastafel & Tempat Sampah Otomatis

140
Dosen dan Mahasiswa PNJ saat menyerahkan bantuan kepada pihak sekolah MTs dan PAUD di wilayah Pancoran Mas dalam kegiatan PKM

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Program Pemberdayaan Desa Mitra Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) kembali melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kali ini mereka menyasar PAUD Anyelir, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Sirojul Athfal di wilayah Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Hal itu dilakukan sebagai upaya pencegahan dari bahaya Covid 19 dengan cara Pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Program pemberdayaan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin diadakan setiap tahun,” ujar Ketua pelaksana pengabdian, Anik Tjandra Setiati, kemarin.

Ia menambahkan, kegiatan pengabdian tahun ini disesuaikan dengan kondisi sekarang, yaitu bertujuan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan pemberdayaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah.

Pemberdayaan dilakukan dengan memberikan bantuan sarana PHBS berupa tempat untuk cuci tangan, tong sampah, sabun cuci tangan, hand sanitizer, desinfektan, pompa spriyer dan informasi-informasi tentang PHBS di sekolah.

“Sekolah yang kami beri bantuan adalah PAUD Anyelir, Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Sirojul Athfal Depok. Bantuan berupa wastafel alat cuci tangan yang dipasang di Madrasah Ibtidaiyah dan Madrasah Tsanawiyah Sirojul Athfal Depok berjumlah lima buah, sedangkan di PAUD Anyelir dipasang dua buah,” paparnya.

Pemasangan wastafel diletakkan di depan kelas yang dilengkapi dengan kran air dan saluran pembuangan. Pemasangan wastafel dilakukan berdasarkan persetujuan dan arahan dari kepala sekolah MTs Sirojul Athfal yaitu, Rochmah dan Kepala Sekolah PAUD Anyelir, Eliy Hariyanah.

“Kran yang dipasang di PAUD salah satunya merupakan kran otomatis yang tanpa disentuh oleh tangan, air akan mengalir dengan sendirinya. Disini juga diberikan tong sampah otomatis sehingga untuk membukanya tangan tidak perlu menyentuh tutupnya. Kran dan tong sampah otomatis ini dikerjakan oleh mahasiswa, hal ini sesui dengan latar belakang tim pelaksana yaitu jurusan Teknik Elektro,” jelasnya.

Selain bantuan sarana PHBS juga dibagiikan paket alat tulis kepada siswa, khususnya siswa PAUD yang tidak mampu dan yang terkena dampak Covid 19.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para siswa dapat mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi diri sendiri dan lingkungan sekolah sehingga bisa mencegah terkena dampak Covid 19,” ungkapnya.

Ketua Jurusan Teknik Elektro diwakili oleh Sekretaris Jurusan, Nuralam mengatakan, tujuan diberikannya bantuan itu tak lain untuk membiasakan PHBS bagi siswa dalam mnghadapi pandemi Covid 19.
“PKM ini juga menerapkan karya inovatif mahasiswa berupa wastafel otomatis dan tempat sampah otomatis. Tidak perlu disentuh namun sudah menggunakan sensor dan pompa otomatis,” tandasnya.

Kepala MTs Sirojul Athfal, Siti Rohmah menyampaikan rasa terimakasih kepada para dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta yang telah memberikan bantuan untuk sekolahnya.

“Ini sangat membantu kami khususnya bagi guru dan para murid. Terimakasih kepada PNJ yang sudah memberikan fasilitas dan program PHBS nya,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Sekolah PAUD Anyelir, Eliy Hariyanah. Dikatakannya, bantuan yang PNJ berikan sangat bermanfaat khususnya bagi PAUD nya yang masih banyak kekurangan.

“Banyak siswa kami yang memang berasal dari kalangan tidak mampu, dari itu kami bersyukur atas bantuan yang diberikan. Mudah-mudahan PAUD kami bisa menjaga bantuan yang telah diberikan dan anak-anak bisa memanfaatkannya dengan baik. Terimakasih kepada ketua pelaksana, ketua jurusan dan keluarga besar Teknik Elektro PNJ beserta mahasiswa, mudah-mudahan ilmunya bermanfaat,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here