Heboh! Ikan Gurame Pakai Masker di Tradisi Gotongan Warga Pengasinan

800
Tradisi Gotongan warga Kelurahan Pengasinan yang menampilkan Ikan Gurame Bermasker

Sawangan | jurnaldepok.id
Warga di wilayah Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, dihebohkan oleh penampakan Ikan Gurame yang mengenakan maskar.

Peristiwa tresebut dijumpai warga pada saat acara tradisi Gotongan warga Pengasinan dalam rangka memeriahkan penyantunan anak yatim dan fakir miskin 1422 H.

“Untuk tahun ini ada 280 anak yatim dan 505 fakir miskin yang kami santuni. Tradisi Gotongan ini merupakan agenda tahunan dalam rangka menggembirakan anak yatim,” ujar H Encep Sanusi, Ketua Umum acara santunan melalui Ketua I, Shamsir kepada jurnaldepok.id, Sabtu (29/8).

Ia menambahkan, acara itu diikuti oleh enam RW yang berada di wilayah Kelurahan Pengasinan.

Adapun bentuk Tradisi Gotongan yang ditampilkan pada tahun ini berupa Ikan Gurame Bermasker, Lebah, Ondel-ondel, replika masjid dan Burung Walet.

“Tetap dalam acara ini kami menerapkan protokol kesehatan, sudah disemprot disinfektan juga oleh Damkar,” paparnya di lokasi acara RT 01/07 Pengasinan.

Ibrahim, Ketua RW 06 Kelurahan Pengasinan yang membuat Ikan Gurame bermasker mengatakan, dibutuhkan waktu satu minggu untuk membuat replika Ikan Gurame.

“Karena ini masih situasi pandemi Covid 19, maka kami memiliki ide Ikan Gurame pakai masker,” ungkapnya.

Pesan yang ingin disampaikan, kata dia, tak lain mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan salah satunya menggunakan masker.

“Pengerjaannya satu minggu,  bahan yang kami gunakan daur ulang kardus dan rangkanya dari batang bambu,dikerjakan oleh lima orang,” jelasnya.

LPM Kelurahan Pengasinan, Gojong mengapresiasi tradisi gotongan tersebut dan tetap mengingatkan warga agar mematuhi protokol kesehatan. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here