Pemkot Depok Tangani Bayi Gizi Buruk di Bedahan

23
Nessi Annisa Handari

Sawangan | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok sudah menangani anak berusia enam tahun di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, yang mengalami gizi buruk.

Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Nessi Anisa Handari, mengaku, kasus itu sudah dalam pantauan pihaknya.

“Jadi, memang Dinkes itu sudah dari tahun kemarin melakukan pantauan. Nah, kami dari DPAPMK akan menindaklanjutinya juga,” ujarnya, kemarin.

Nessi mengatakan, DPAPMK fokus pada sisi anak. Hal ini terutama tentang hak dan perlindungan.

“Yang jelas Insya Allah ketika masyarakat tahu anak balita yang ada di wilayahnya, biasanya langsung dilakukan pemantauan dan langsung dilakukan edukasi supaya selalu memeriksakan kesehatannya baik di posyandu, maupun di pelayanan kesehatan terdekat,” paparnya.

Ia mengungkapkan, terjadinya gizi buruk ini adalah suatu lingkaran yang tidak bisa juga hanya mengandalkan satu sisi, namun harus melibatkan banyak pihak.

“Jadi, semua pemahaman orangtua terhadap kemampuan pengasuhan anak, lalu juga bagaimana sisi ekonomi yang ada di dalam keluarga. Jadi, itu lingkaran yang tidak bisa ditangani oleh satu sisi,” lanjutnya.

Kata Nessi, pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi persoalan tersebut. Salah satu di antaranya gencar memberikan informasi edukasi. Baik itu di posyandu, maupun di pelayanan lainnya terkait pengasuhan anak dan bekerja sama dengan Dinkes.

“Cuma memang kami berharap para ibu yang memiliki anak balita, rajinlah untuk selalu datang ke posyandu,” tuturnya.

Sementara itu Kapolsek Sawangan, Ajun Komisaris Polisi Sutrisno menambahkan pihaknya sudah datangi dan memberikan bantuan pada keluarga tersebut. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here