Warga Tetap Gelar Perlombaan 17an, Tradisi Masyarakat Sulit Dibendung

171
Aktivitas perlombaan pukul bantal yang dilakukan warga Sawangan dalam memeriahkan HUT RI ke 75

Sawangan | jurnaldepok.id
Meski Pemerintah Kota Depok telah mengeluarkan surat edaran terkait larangan perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 75, namun di beberapa wilayah di Kota Depok tetap menggelar kegiatan lomba.

“Ini sudah menjadi tradisi setiap tahunnya, terlebih warga sejak jauh hari sudah bergotong royong dan urunan untuk menggelar kegiatan lomba 17 an,” ujar Indra Jaya, Ketua LPM Kelurahan Sawangan kepada Jurnal Depok, Senin (17/8).

Ia mengatakan, dari 11 RW di wilayah Kelurahan Sawangan hampir seluruhnya menggelar kegiatan perlombaan 17 Agustus mulai dari panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang dan beragam jenis perlombaan lainnya.

“Tetap kami ingatkan warga untuk selalu menjaga dan mengedepankan protokol kesehatan, ini semua demi kebaikan kita bersama. Kami sulit mencegah kegiatannya, karena masyarakat begitu antusias dan semangat merayakan HUT kemerdekaan,” paparnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua RW 03 Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Munawar.

Dikatakan Munawar, warga di wilayahnya juga menggelar berbagai macam perlombaan. Namun, tahun ini jumlahnya tidak banyak.

“Hari ini (kemarin,red) di lingkungan kami ada lomba layang-layang dan mini soccer. Namun secara keseluruhan jumlah perlombaan di lingkungan kami dibatasi karena masih suasana covid,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sebelum digelar perlombaan di tanggal 17 Agustus, pihaknya terlebih dahulu menggelar acara syukuran di lingkungan warga.

“Acara syukuran tersebut tak lain untuk mendoakan para pahlawan yang telah gugur membela NKRI,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here