Komunitas Ciliwung Depok Gelar Upacara di Aliran Kali

50
Komunitas KCD saat menggelar upacara di aliran Sungai Ciliwung

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Dalam rangka memperingati HUT ke-75 RI, Komunitas Ciliwung Depok (KCD) menggelar upacara kemerdekaan di aliran Kali Ciliwung tepatnya dibawah jembatan Grand Depok City. Upacara di lokasi yang anti ‘mainstream’ ini pun berlangsung lancar dan cukup hikmat, juga tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Tim pengibar bendera nampak mengenakan pakaian serba putih dilengkapi jaket pelampung dan helm berwarna merah, serta datang menggunakan perahu karet.

Sementara pembina, pemimpin, dan peserta upacara, berada di bibir kali dan juga mengenakan serba putih dilengkapi dasi berwarna merah.

Amrih Maulana, pembina upacara mengatakan, upacara peringatan hari kemerdekaan ini sudah kali ke-tujuh berlangsung di aliran Kali Ciliwung.

“Kami memperingati 17 Agustus, dan teman-teman di Komunitas Ciliwung Depok sudah tujuh kali mengadakan upacara di sungai ini. Tujuannya memperlihatkan kondisi sungai ini seperti apa. Dengan tujuan itu bagaimana cara menjaga Sungai Ciliwung dan Indonesia tetap lestari,” katanya.

Amrih mengatakan, upacara kali ini pun sangat berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pelaksanaannya benar-benar dibatasi lantaran masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Tahun ini dibatasi dengan kondisi saat ini (pandemi),”katanya.

Harapannya untuk Pemkot Depok agar lebih memperhatikan kondisi Ciliwung saat ini, dengan catatan bentuklah satu tim yang benar-benar konsen dengan kondisi Ciliwung.

“Bukan hanya sekedar nengok, bukan hanya celotehan yang kami butuhkan tapi aksi nyata Pemkot Depok,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here