Rusak Puluhan Rumah, Angin Puting Beliung Ngamuk di Tapos

23
Petugas Damkar saat melakukan evakuasi pohon tumbang

Tapos | jurnaldepok.id
Puluhan rumah di Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos, mengalami kerusakan karena diterjang angina diduga puting beliung, pada Selasa (11/8) petang. Sedikitnya, 27 rumah serta bangunan yang lain terdampak dan mengalami kerusakan akibat diterpa angin puting beliung.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Denny Romulo, menuturkan, angin juga menumbangkan sejumlah pohon besar yang mengakibatkan tertutupnya akses jalan warga.

“Kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah, akan tetapi ada rumah yang rusak berada dilingkungan RW 06, Kelurahan Leuwinanggung, Kecamatan Tapos. Laporan sementara, terdampak angin puting beliung ada 27 rumah warga rusak, kerusakan sekitar genting terbang kena angin, terbang antara 15-20 persen dari genting yang ada,” ujarnya, Rabu (12/8).

Selain rumah, kata dia, angin kencang disertai hujan deras yang terjadi sore kemarin juga membuat sejumlah pohon tumbang di beberapa titik.

“Ada 27 rumah yang terdampak kurang lebih, dan beberapa pohon tumbang di dua Kelurahan yakni Leuwinanggung dan Sukatani,” katanya.

Tak hanya menyebabkan kerusakan pada bangunan, hujan deras juga menyebakan genangan air di sejumlah ruas jalan di Kota Depok.

Seperti di Jalan Raya Parung-Ciputat, Sawangan, terpantau air menggenang di beberapa titik dengan ketinggian kurnag lebih 20 cm.

Denny menuturkan, pihaknya sudah terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat dan mengevakuasi beberapa pohon yang tumbang.

“Dari sore tim kami sudah terjunkan dan mengevakuasi pohon yang tumbang menggunakan gergaji mesin, pelaksanaan berjalan lancar. Tim sudah memberikan bantuan kepada warga. Nilai nominal kerugian masih kami hitung, logistik bantuan sudah dikirim ke warga,” pungkasnya. n Aji Hendro

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here