Jadi Langganan Banjir, Wali Kota Turunkan Alat Berat untuk Mengeruk Kali Angke

105
Lurah Pondok Petir beserta jajaran saat meninjau pengerukkan Kali Angke

Bojongsari | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok melakukan pengerukan Kali Angke yang melintas di Perumahan Villa Pamulang, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari. Hal itu dilakukan agar warga yang berada di wilayah tersebut tak kebanjiran lagi pada saat musim penghujan.

“Pengerukan Kali Angke ini berlokasi di RW 12, pengerukan dilakukan sepanjang 500 meter. Sebelum dikeruk kedalaman hanya sekitar 30cm dari permukaan bawah air kali. Namun setelah dikeruk ini sudah mencapai satu meter dari permukaan air,” ujar Kiswanto, Ketua RW 12 Kelurahan Pondok Petir, Rabu (12/8).

Ia menambahkan, lumpur Kali Angke yang dikeruk khususnya di kawasan Villa Pamulang meliputi RT 05, 06, 07, 08 dan 09.

“Setiap tahun wilayah kami ini selalu menjadi langganan banjir, yang paling parah terjadi di tahun 2002, 2013 dan 2020,” paparnya.

Dikatakannya, ketika banjir terjadi warga yang terdampak sebanyak 150 kepala keluarga/rumah dan 500 jiwa. Meskipun dua unit mesin pompa berfungsi, namun ketika banjir melanda pompa itu tidak berfungsi secara maksimal.

“Kami sangat bersyukur dan terimakasih sudah dibantu Pak Wali yang menurunkan alat berat untuk melakukan normalisasi kali. Mudah-mudahan kedepan wilayah kami tidak kebanjiran lagi,” ungkapnya.

Banjir yang setiap tahun terjadi di kawasan tersebut seolah sudah menjadi momok bagi warga. Bahkan ironisnya, tak musim hujan pun wilayah itu sering kebanjiran karena air kali yang meluap akibat kiriman dari Bogor.

Sekretaris LPM Kelurahan Pondok Petir, Rahmat Hidayat mengatakan, proyek normalisasi Kali Angke dilakukan setelah menyelesaikan pengerukan di Komplek BSI, Kelurahan Duren Mekar.

“Di sini pekerjaan sudah satu bulan, rencananya dua minggu lagi selesai. Ini langsung instruksi Pak Wali,” tandasnya.

Kedepan, pihaknya sudah mengajukan untuk dilakukan penurapan di sepanjang bantaran kali yang mencapai 500 meter.

“Karena daerah ini perbatasan Depok-Kabupaten Bogor, kami juga telah berkoordinasi dengan pemerintah wilayah Kabupaten Bogor. Memang ada beberapa titik yang telah dilakukan penurapan dan yang kami ajukan saat ini kurang lebih 500 meter. Alhamdulillah, Pak Wali juga sudah membantu langsung untuk penurapan tahap awal kemarin,” katanya.

Sementara itu Lurah Pondok Petir, Rizal Farhan mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan Kali Angke.
“Kami minta tak ada lagi masyarakat yang membuang sampah di kali, jika sudah dikeruk mari kita jaga sama-sama kebersihannya,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here