Luar Biasa! Warga Cinangka Pasang Bendera Sepanjang 2.000 Meter

332
Terlihat bentangan bendera merah putih yang dipasang warga Cinangka di Jalan Pendidikan

Sawangan | jurnaldepok.id
Warga Jalan Pendidikan Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, memasang bendera merah putih sepanjang 2.000 meter. Bendera sepanjang itu dipasang langsung oleh warga RW 03 yang selalu aktif dalam menyambut HUT RI setiap tahunnya.

“Yang sudah terpasang 700 meter, tahun ini kami bikin lagi 1.300 meter. Jadi total keseluruhan 2.000 meter,” ujar Munawar, Ketua RW 03 Kelurahan Cinangka kepada Jurnal Depok, Selasa (11/8).

Ia menambahkan, pemasangan bendera dengan lebar 80cm itu tidak hanya di jalan utama seperti halnya Jalan Pendidikan saja, melainkan gang-gang yang terhubung dengan Jalan Pendidikan.

“Semua RT kami kasih 100 sampai 150 meter bendera, jumlah RT di wilayah kami ada delapan RT,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, bahan bendera ia beli dan kemudian dijahit oleh warganya yang juga mantan ketua RT di wilayahnya. Untuk membikin bendera sepanjang itu, dirinya merogoh kocek pribadi Rp 12 juta.

“Itu dana pribadi saya. Alhamdulillah setiap tahunnya pembuatan bendera terus meningkat secara kualitas dan jumlahnya,” katanya.

Situasi Covid 19 yang belum berakhir hingga saat ini, Munawar memiliki inisiatif tidak menggelar acara besar-besaran dalam memeriahkan HUT RI ke 75. Namun, alokasi dananya ia alihkan untuk membuat bendera.

Dikatakannya, setiap tahun pihaknya selalu rutin menggelar perlombaan dan kompetisi olahraga baik itu voly, sepak bola, badminton dan mini soccer.

“Namun di tahun ini perlombaan dan kompetisi kami batasi. Kami hanya menggelar rally sepeda dan mini soccer. Puncaknya nanti kami barengi dengan pawai obor di Tahun Baru Islam,” jelasnya.

Dirinya merasa bersyukur warga di lingkungannya sangat kompak untuk berjibaku memasang bendera tersebut.

Aksi sosial Munawar tersebut mendapat apresiasi dari Ketua LPM Kelurahan Cinangka, Solehuddin Assukkriy.

“Kami ucapkan terimakasih kepada warga dan tokoh masyarakat atas pemasangan bendera terpanjang di wilayah Cinangka. Meski masih suasana pandemi covid, namun itu tak menyurutkan semangat warga dalam menyambut dan memeriahkan HUT RI ke 75,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here